TIPS MEMILIH TAKJIL

Salah satu makanan pembuka yang biasa disebut dengan takjil memang menjadi menu wajib yang harus ada.

Jika tidak dapat membuatnya sendiri kita membeli berbagai hidangan takjil mulai dari kolak pisang, kue basah hingga berbagai minuman manis dan segar di beberapa pedagang yang selalu ada ketika menjelang berbuka puasa.

Jika kita membuat sendiri sudah pasti kualitas terjamin baik. Lain halnya ketika kita membeli, kita tidak pernah tahu bagaimana pengolahan dan tingkat higienis dari jenis makanan yang dijual. Untuk itu anda harus memiliki trik untuk memilih takjil yang sehat dan higienis.

Hidangan untuk menu berbuka puasa yang baik tentunya adalah yang sehat. Buah-buahan merupakan pilihan tepat sebagai makanan yang manis natural, bahkan memberikan cita rasa manis alami yang bervariasi.

Sebisa mungkin mengontrol penggunaan gula pasir karena dapat memberikan dampak yang kurang baik bagi kesehatan. Buah kurma, pisang, pepaya, mangga, melon, semangka, kiwi, apel, air buah kelapa atau banyak jenis buah-buahan lainnya sangat ideal sebagai menu takjil atau menu yang disegerakan untuk berbuka puasa.

Berikut ini adalah trik yang bisa anda lakukan untuk memilih takjil :

1.Pilihlah takjil yang dijual ditempat yang bersih.
Ketika akan membeli takjil anda juga harus melihat bagaimana tempat penjualannya. Usahakan membeli takjil yang lokasi berjualannya bersih dan nyaman.

2.Jangan terlalu percaya dengan takjil dengan harga murah.
Terkadang takjil yang dijual dengan harga murah dibuat dari bahan-bahan yang tidak alami. Seperti campuran pewarna makanan pada kue-kue basah dan pemanis buatan pada pudding, es campur, es doger dan sejenis es lainnya.

3. Pilihlah jenis makanan yang tidak terlalu mengandung lemak atau kadar gula tinggi.
Dalam berbuka puasa memang sangat dianjurkan mengonsumsi makanan manis, namun perlu diperhatikan bahwa makanan yang terlalu manis juga kurang baik untuk kesehatan tubuh.

4. Belilah takjil di tempat-tempat yang sudah terpercaya.
Jika tiap tahunnya tempat tersebut sudah menyiapkan menu takjil berbuka puasa maka sudah pasti memiliki banyak langganan. Kepercayaan masyarakat memang menjadi hal yang patut untuk kita pilih. Semakin banyak orang yang membeli di tempat tersebut sudah pasti kualitas takjil senantiasa terjaga baik dari rasa maupun kesehatannya. Terlebih jika orang yang menjual takjil tersebut memiliki merek nama makanan. (nha)

Silahkan mencoba…..

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *