terbaik 2016, Rio Haryanto di papan tengah

Lewis Hamilton boleh saja kalah dari rekan satu timnya di Mercedes, Nico Rosberg, dalam persaingan menjadi juara dunia Formula 1 2016, tapi jajak pendapat BBC Sport dan sebagian pengamat sepakat bahwa Hamilton adalah pembalap terbaik 2016.
Sementara pembalap F1 Indonesia, Rio Haryanto berada di posisi 12 dari 23 pembalap berdasarkan jajag pendapat BBC Sport.
Hamilton tercatat sebagai pembalap yang paling sering memenangi lomba, namun ambisinya untuk menjadi juara dunia terkendala oleh masalah teknis. Secara khusus para pembaca BBC sangat terkesan dengan upaya Hamilton mengejar ketertinggalan poin dari Rosberg di fase akhir musim.
Pembalap dari Inggris ini menempati posisi start terdepan dan menang di empat lomba terakhir, namun pada akhirnya Rosberg keluar sebagai jura dunia, hanya unggul lima poin dari Hamilton.
Momen terbaik: Penampilan gemilang di Monaco, yang tak tanya menandai kebangkitan Hamilton, tapi juga secara fenomenal bisa mengatasi perlawanan Daniel Ricciardo selama 45 putaran.

Pembalap kedua terbaik menurut pembaca BBC Sport adalah Max Verstappen dari tim Red Bull.
Pembalap belia berusia 19 tahun dari Belanda ini dinilai punya bakat besar dan diperkirakan persaingannya dengan Hamilton di tahun-tahun ke depan akan makin intens.
Bakat besarnya jelas terlihat dalam beberapa momen pada musim 2016, bahkan beberapa pihak yang tahu persis Verstappen dibuat terkejut dengan prestasinya musim ini.
Momen terbaik: Tak diragukan lagi penampilannya yang paling fenomenal adalah Grand Prix Brasil, ketika ia berjuang dari posisi 16 dan merebut posisi tiga besar. Juga ketika ia untuk pertama kalinya menjuarai seri F1 dengan menjadi juara di Grand Prix Spanyol.

Rio Haryanto

Prestasi Rio akan terus meningkat
Bagaimana dengan satu-satunya pembalap Indonesia, Rio Haryanto?
Debutnya di F1 bisa dikatakan cukup mengesankan, yang membuat para pembaca BBC menempatnya di papan tengah di daftar pembalap F1 terbaik tahun ini, meski ia hanya berlomba separuh musim saja setelah tak mampu memenuhi seluruh kewajiban keuangan sebagai pay driver di tim Manor Racing.
Wartawan F1 NBC Sports, Luke Smith, mengatakan Rio tampil bagus dan bersaing ketat dengan rekan satu timnya, yang bukan pembalap sembarangan, Pascal Wehrlein, terutama saat digelar kualifikasi.
“Ia bisa saja kembali berlomba pada 2017 jika mendapatkan dukungan keuangan yang memadai, yang tentu saja akan menjadi kabar baik bagi Manor,” kata Smith.
“Apakah ia akan menjadi juara dunia dalam waktu dekat? Jelas tidak. Apakah ia bisa meningkatkan prestasi? Jelas bisa,” katanya.
Editor di NBCSports.com, Tony DiZinno, mengatakan hal terbaik yang dilakukan Rio adalah bisa tampil bagus, melebihi ‘modal yang ada di tangannya yang bisa dikatakan minimal’.
Menurut DiZinno, Rio adalah salah satu pembalap terbaik di papan bawah dan prestasinya diyakini akan terus meningkat jika mendapat kesempatan untuk terus berlomba di ajang F1.
Di daftar pembalap paling mengecewakan, posisi teratas diisi oleh Sebastian Vettel, disusul oleh Daniil Kvyat dan Esteban Gutierrez. Rio menempati sembilan di daftar ini.

Sumber : http://www.bbc.com/indonesia/olahraga-38458844