Ini 8 Fakta Kemenangan Arsenal Atas Liverpool di Community Shield

Inionline.id – Arsenal menjadi pemenang di perhelatan Community Shield 2020 setelah mengalahkan Liverpool. Berikut data dan fakta usah laga tersebut.

Arsenal bertemu Liverpool pada ajang Community Shield di Stadion Wembley, Sabtu (29/8/2020) malam WIB. The Reds datang dengan status juara Liga Inggris 2019/2020 dan Meriam London juara Piala FA.

Arsenal mengungguli Liverpool di babak pertama lewat gol Pierre-Emerick Aubameyang di menit ke-12. Tim besutan Juergen Klopp baru bisa menyamakan skor menjadi 1-1 lewat tembakan Takumi Minamino di menit ke-73.

Pertandingan berlanjut ke adu penalti setelah skor 1-1 tak berubah selama 90 menit. Arsenal keluar sebagai pemenang dalam babak tos-tosan dengan skor 5-4.

Sepanjang laga ini, Liverpool sebetulnya mendominasi jalannya pertandingan. Mohamed Salah dkk.berhasil menguasai bola sebesar 60 persen dan Arsenal cuma 40 persen.

Liverpool juga punya banyak peluang daripada Arsenal. The Reds tercatat membuat 15 percobaan dengan empat yang mengarah ke gawang. Arsenal cuma dua tembakan ke gawang dari delapan percobaan.

Terlepas dari data-data pertandingan tersebut, ada fakta menarik dari hasil pertandingan.

Berikut rangkumannya yang disampaikan oleh Opta:

-Arsenal telah memenangkan Community Shield untuk ke-16 kalinya (termasuk gelar bersama), menyalip Liverpool (15 kali) dan kini cuma di belakang Manchester United (21). The Gunners sudah empat kali merebut trofi ini dalam tujuh musim terakhir.

-Liverpool adalah tim pertama yang kehilangan Community Shield melalui adu penalti dalam beberapa tahun berturut-turut; Ini juga pertama kalinya The Reds berpartisipasi dalam kompetisi dua kali beruntun tanpa memenangkan, termasuk saat pada 1983 dan 1984.

-Arsenal telah memenangkan Community Shield sebagai pemenang Piala FA tujuh kali, lebih banyak dari tim mana pun. Masing-masing dari empat kemenangan Community Shield terakhir mereka datang sebagai pemenang Piala FA.

-Arsenal adalah tim kedua yang memenangkan Community Shield setelah adu penalti lebih dari sekali, setelah Manchester United (lima kali).

-Arsenal telah memenangkan sembilan dari 11 adu penalti terakhir mereka di semua kompetisi, termasuk dua di Community Shield. Sementara itu, Liverpool kalah tiga dari lima adu penalti terakhir mereka, termasuk dua di Community Shield.

-Pierre-Emerick Aubameyang sekarang menjadi pencetak gol terbanyak Arsenal dalam pertandingan yang dimainkan di Stadion Wembley (5 gol, sejajar dengan Alexis Sanchez). Lima gol Aubameyang tercipta dalam waktu hanya 42 hari.

-Hanya Kevin De Bruyne (22) dan Trent Alexander-Arnold (15) yang memberikan lebih banyak assist untuk tim Liga Inggris di semua kompetisi sejak awal musim lalu daripada Bukayo Saka dari Arsenal (13).

-Takumi Minamino adalah pemain pertama yang mencetak gol perdananya untuk Liverpool di Stadion Wembley, mencetak gol ini dalam penampilan yang ke-15 dan dengan tembakan ke-12 untuk The Reds di semua kompetisi.