Fetri Utami Membumikan Budaya Banyumas Lewat Pagelaran Tari dan Sanggar Kalamangsa

Antar Daerah857 views

Inionline.id – Pagelaran seni tari cantingmas masih merupakan sajian yang menarik untuk dinikmati selain unik dengan segala keindahan kreasinya, dalam panggung kahanan di gedung kesenian Soetedja (21/08).

Tari ini menceritakan tentang proses pembuatan batik oleh para pembatik di kab Banyumas, mulai nyanting, celup, di jemur hingga di pasarkan. Tarian ini juga sebagai promosi batik Banyumas ke mancanegara, bangga mengenakan batik Banyumas. Bangga batik Indonesia, tarian Cantingmas diperagakan oleh anak-anak antara lain Dhinda Aura, Aufa Fedora, Naswa ,Vania, Lutfinda, Tiara, Farah, Gendhis, Zahra dan Dinda nur. Penampilan lebih spektakuler dengan balutan musik Rumpoko Setyo aji, S.Sn.

Partisipasi Sanggar Kalamangsa merupakan upaya meningkatkan kecintaan generasi muda pada kesenian tradisional dan melestarikan budaya bangsa, khususnya tari tradisional Banyumasan ujar Fetri disela-sela pertunjukan.

Pagelaran tari cantingmas yang berlansung ini tidak membosankan, lebih menakjubkan, kostum dan setiap atribut yang dihadirkan di atas panggung membuat para penonton semakin terkesima, tentu, ini semua hasil kerja keras dari tim sanggar kalamangsa Purwokerto. (djo)