by

Anggota DPRD Jabar Ajak Remaja Kota Bogor Tangkal Hoax Dengan 4 Pilar Kebangsaan

Bogor, Inionline.Id – Anggota Komisi V DPRD Provinsi Jawa Barat, Iwan Suryawan menggelar sosialisasi Citra Bakti Parlemen Dalam Sketsa Kebangsaan atau Sosialisasi 4 Pilar Kebangsaan yang berlokasi di gedung Graha Pool, Kecamatan Bogor tengah, Kota Bogor, pada Selasa (25/08/2020).

Pada gelaran acara 4 pilar ini, hadir 35 peserta yang semuanya merupakan remaja usia produktif dari berbagai universitas di Bogor dimana Iwan mengundang para generasi z tersebut dengan tujuan tertentu. “Pada jiwa muda ini, di dalamnya terdapat energi yang begitu besar yang harus kita arahkan dan ada sumber yang memang harus dia miliki, sumber itu ya tadi, 4 pilar yang akan membentuk karakter anak-anak muda ini,” ujar Iwan.

Iwan Suryawan didampingi oleh Ketua DPRD Kota Bogor, Atang Trisnanto (kiri) dan Angga Alan Surawijaya selaku Anggota DPRD Kota Bogor (kanan) pada gelaran acara sosialisasi 4 pilar kebangsaan, Selasa (25/08/2020).

Menurut legislator kota hujan ini, hal yang dibutuhkan di masa depan adalah bagaimana dirinya bisa menyiapkan generasi muda yang memiliki karakter baik dan akan membangun Indonesia. “4 pilar baru sentuhan awal tetapi kedepannya dengan mereka memahami tentang Pancasila, UUD 1945, NKRI, dan Bhineka Tunggal Ika, sebagai satu kesatuan setidaknya mereka bisa memilah dan memilih suatu kondisi yang terjadi di negara kita saat ini sehingga mereka memiliki satu kekuatan karakter pemimpin dan sebagai anak bangsa yang siap memberikan kontribusi positif didalam pembangunan negara ini,” kata Iwan.

Menurut mantan wakil ketua DPRD Kota Bogor ini, di masa serba digital, hoax yang banyak terjadi melalui sosial media merupakan hal yang berbahaya bagi para generasi muda, untuk itu Iwan mengajak para remaja peserta sosialisasi 4 pilar ini menjadikan 4 pilar kebangsaan sebagai salah satu cara menangkal hoax di masyarakat.

“Ketika mereka memiliki karakter seorang pribadi yang memiliki nilai-nilai baik di dalam tubuhnya, ketika terjadi suatu kondisi yang boleh jadi kebenarannya perlu diperhatikan, kebenarannya perlu diteliti lagi, yang bisa dikatakan sekarang lebih banyak tersebar hoax-hoax yang ada, ini mereka para remaja sudah bisa memfilter itu hingga mereka tidak mudah terbawa opini yang ada hingga menyesatkan dia, tetapi bagaimana mereka merubah hoax yang ada menjadi langkah kebaikan mereka, dan tidak mudah terpancing oleh kondisi yang sebetulnya dibuat untuk memecah belah dengan hoax-hoax yang ada selama ini,” pungkas Iwan.

Foto bersama Iwan Suryawan dengan peserta sosialisasi 4 pilar kebangsaan.

Arif Sibatullah selaku Ketua Kesatuan Aksi Mahasiswa Muslim Indonesia (KAMMI) cabang Bogor yang hadir sebagai peserta sosialisasi 4 pilar itu mengatakan bahwa acara ini sangat bagus terutama para peserta yang sifatnya sebagai konstituen dari kaum muda lebih mengetahui apa makna dari 4 pilar di Indonesia. Arif pun menilai saat ini ada degradasi terkait Pancasila, Bhineka Tunggal Ika, sehingga dengan adanya acara sosialisasi 4 pilar para generasi muda bisa lebih memahami kembali 4 pilar bangsa Indonesia.

“Acara ini dilakukan secara continue, dengan massa yang lebih banyak, kemudian dengan massa yang lebih luas juga jadi rata-rata peserta yang ada sekarang mahasiswa, kalau bisa nanti masanya dari adik-adik SMP, SMA, SMK, dan segala macamnya sehingga adik-adik tersebut bisa lebih mengetahui lagi makna-makna Pancasila, makna-makna Bhineka Tunggal Ika, dan makna-makna 4 pilar kebangsaan Republik Indonesia,” tutup Arif. (JC)