Turki Bakal Membangun TK Tahfiz Alquran Pertama di Indonesia

Pendidikan157 views

Inionline.id – Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Disdikbud) Banda Aceh bekerja sama dengan Yayasan Sulaimaniyah Aceh akan membangun Taman Kanak-kanak (TK) Tahfiz Alquran di Kota Banda Aceh.Ini merupakan TK Tahfiz Alquran pertama di Indonesia.

Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Banda Aceh, Saminan Ismail mengatakan, pihaknya telah mengembangkan program tahfiz (penghafal Alquran) untuk jenjang Sekolah Dasar (SD) dan Sekolah Menengah Pertama (SMP).

“Untuk tiga tahun ke depan, akan melahirkan lebih dari seribu penghafal Alquran, kemudian apabila program TK Alquran ini dapat diwujudkan, maka akan lahirlah Alquran berjalan di Kota Banda Aceh,” kata Saminan, di Banda Aceh, Senin, 20 Juli 2020.

Ia mengharapkan, agar TK lain yang ada di Banda Aceh dapat mengikutinya, dalam artian guru-guru tahfiz yang dimiliki oleh Yayasan Sulaimaniyah dapat memberikan ilmunya kepada para guru di kota Banda Aceh. “Untuk lebih mempercepat pengembangan hafalan Alquran, karena Turki memiliki konsep dan kurikulum yang baik dalam bidang tahfiz,” ujarnya.

Sementara itu Ketua Pesantren Sulaimaniyah Putri Aceh, Abi Bilal mengungkapkan, Yayasan Sulaimaniyah Aceh telah memiliki 70 cabang pendidikan di seluruh Indonesia, mulai dari Sabang sampai dengan Lombok yang mengasuh lebih dari 5.000 santri.

“Sedangkan program yang akan dikembangkan adalah pendidikan taman kanak-kanak yang merupakan TK Tahfiz pertama di Indonesia yang lokasi pembangunannya direncanakan di desa Punge Ujong, kecamatan Meuraxa, kota Banda Aceh,” jelasnya.

Abi menjelaskan, moto Yayasan Sulaimaniyah adalah ‘mewarnai dunia dengan Alquran’ kemudian kurikulum yang akan dikembangkan adalah Tahfiz Alquran, pengembangan Pendidikan Umum, bahasa Inggris, dan bahasa Turki.

“Pendanaan utama program ini berasal dari Infak dan sedekah dari donatur yang ada di Turki,” ujarnya.

Abi berharap agar program tersebut dapat tercapai, sehingga akan memberikan manfaat yang sangat besar untuk masyarakat Aceh, serta mempererat hubungan baik antara Pemerintah Turki dan Aceh yang sudah terjalin sejak lama.