Presiden UEFA: 3 Agustus Liga Champions dan Europa Mesti Selesai

Inionline.id – Presiden UEFA, Aleksander Ceferin, menyebut Final Four sebagai opsi untuk menyelesaikan kompetisi Eropa. Menurutnya, musim ini harus selesai di awal Agustus.

Virus corona yang melanda Eropa menyebabkan kompetisi-kompetisi sepakbola dihentikan sementara. Lima liga top benua biru, serta Liga Champions dan Liga Europa mesti ditangguhkan.

Sampai saat ini, belum diketahui pasti kapan kompetisi akan berakhir. Meski demikian, Caferin berharap musim ini bisa diselesaikan sepenuhnya paling lambat awal Agustus 2020, mengingat Piala Eropa tahun ini diundur ke 2021.

Untuk Liga Champions dan Liga Europa, Ceferin sangat terbuka dengan opsi Final Four atau tak ada lagi sistem pertandingan kandang-tandang di babak semifinal. Bahkan jika terdesak, aturan tersebut bisa diterapkan sejak babak perempat final alias Final Eight.

“Ini harus berakhir di tanggal 3 Agustus, baik Liga Champions dan Liga Europa. Saat ini merupakan situasi yang luar biasa yang kami alami, sehingga kami cukup fleksibel untuk tanggal dan waktu kick-off,” ujar Ceferin kepada ZDF, dilansir dari Football Italia.

“Kami bisa bermain dengan sistem saat ini, atau dalam pertandingan satu kali yang diselenggarakan di tepat netral. Untuk sekarang, itu baru menjadi opsi untuk bermain dengan Final Eight atau Final Four,” dia menambahkan.

“Satu-satunya keputusan yang salah saat ini adalah kami memainkan laga dengan mempertaruhkan kesehatan dan keamanan para pemain, penggemar, serta wasit. Namun, jika kami berada di kondisi yang aman, maka saya tidak mempermasalahkannya,” demikian kata Ceferin.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *