Dharma Jala Prajatama, KPLP Selalu di Hati

Headline, Nasional357 views

Inionline.id – Sebagai acara puncak Peringatan Hari Ulang Tahun Kesatuan Penjagaan Laut dan Pantai (KPLP) ke-47 dan HUT Pangkalan Penjagaan Laut dan Pantai (PPLP) ke-32, Kementerian Perhubungan cq. Direktorat Jenderal Perhubungan Laut menggelar apel sebagai puncak peringatan hari ulang tahun KPLP dan PPLP di Pelabuhan Tanjung Priok, Jakarta Rabu (26/2).

Upacara ini menutup rangkaian kegiatan yang telah diselenggarakan sebelumnya, yakni Donor Darah yang dilaksanakan di Kantor PPLP Tanjung Priok pada Jumat (14/2) dan Gerakan Bersih Laut yang dilaksanakan secara serempak di Kantor PPLP Tanjung Priok, Tanjung Perak, Bitung, Tanjung Uban, Tual, serta Kantor Unit Penyelenggara Pelabuhan (UPP) Tanjung Uban dan Tual, Kamis (20/2).

Bertindak sebagai Inspektur Upacara, Direktur Jenderal Perhubungan Laut, R. Agus H. Purnomo menyampaikan apresiasinya pada seluruh insan KPLP dan PPLP atas kontribusinya selama ini dalam mempertahankan dan menjaga keselamatan dan keamanan pelayaran serta perlindungan lingkungan maritim di Perairan Indonesia.

“Saya ucapkan terima kasih kepada seluruh insan KPLP yang telah bekerja sepenuh hati dalam menjalankan fungsi penjagaan dan penegakkan hukum untuk menjamin keselamatan dan keamanan di Perairan Indonesia,” ujar Agus dalam keterangannya yang diterima.

Agus juga berpesan agar seluruh insan KPLP terus menjunjung tinggi semboyan Dharma Jala Praja Tama dalam menjalankan tugas. “Tanamkan di hati supaya kita selalu menjalankan pengabdian yang terbaik bagi bangsa dan negara,” tukasnya.

Lebih lanjut, sebagai bentuk komitmen dalam meningkatkan keselamatan pelayaran, pada kesempatan tersebut Kementerian Perhubungan Cq. Direktorat Jenderal Perhubungan Laut juga membagikan 150 unit life jacket kepada insan pelayaran rakyat.

“Kami harap, life jacket ini dapat dirawat dengan baik dan digunakan sebagaimana mestinya dalam upaya mewujudkan keselamatan pelayaran, sehingga ke depannya pelayaran rakyat dapat semakin baik dan maju,” kata Agus.

Pada kesempatan tersebut, Dirjen Perhubungan Laut juga memberikan penghargaan kepda Kantor Kesyahbandaran dan Otoritas Pelabuhan (KSOP) Kelas III Tarakan atas kerja kerasnya dalam penegakan hukum di sektor maritim khususnya tindak pidana pelayaran. Adapun dalam kurun waktu 2018 hingga 2020, KSOP Tarakan berhasil menyelesaikan penyidikan hingga tahap p.21 sebanyak 3 kasus.

Agus berharap, prestasi tersebut dapat menjadi contoh yang baik bagi seluruh kantor Unit Pelaksana Teknis (UPT) Ditjen Perhubungan Laut untuk terus bekerja dengan hati dan mengedepankan profesionalitas dalam menjalankan tugas.

Bertepatan dengan HUT KPLP dan Pangkalan PLP hari ini, tagar #KPLPSelaludiHati berhasil menjadi trending topik Indonesia di Twitter selama 3 jam (pukul 09.00 – 11.00). Hal ini menunjukkan bahwa di manapun berada, KPLP selalu ada di hati jajaran Ditjen Perhubungan Laut dan di hati setiap insan Perhubungan di seluruh Indonesia.

Dirgahayu KPLP ke-47, PPLP ke-32. Dharma Jala Prajatama.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *