Perkuat Kompetensi Guru Kreatif, Yayasan Pendidikan Astra Gelar Seminar STEM

Pendidikan157 views

Inionline.id – Pendidikan memiliki peran penting dalam mencetak generasi muda yang unggul dan berdaya saing. Hal ini tidak terlepas dari peran serta profesi guru yang tidak mengenal lelah mendidik siswa dalam meningkatkan mutu pendidikan di Indonesia.

Keyakinan Yayasan Pendidikan Astra – Michael D. Ruslim (YPA-MDR) ini coba diwujudkan dalam “Seminar Daerah Karya Ilmiah Guru Binaan” yang diadakan pada bulan November 2019 di seluruh wilayah binaan YPA-MDR yaitu Bogor, Gunungkidul, Bantul, Lampung Selatan, Pacitan dan Kupang.

Seminar dalam rangka menyambut Hari Guru ini sekaligus menjadi bentuk apresiasi terhadap karya ilmiah guru binaan, PT Astra International Tbk melalui Yayasan Pendidikan Astra.

“Seminar daerah tahun ini, tema besar yang diusung adalah Science, Technology, Engineering & Mathematics (STEM) dan kegiatan ini merupakan salah satu wujud kreatif guru binaan YPA-MDR, berkontribusi dalam peningkatan mutu sebagaimana kompetensi yang dituntut,” ujar Herawati Prasetyo, Ketua Pengurus YPA-MDR melalui rilis resminya.

Konsep “Sekolah Unggul”

Herawati menambahkan “Seminar daerah ini diadakan setiap tahun untuk mengapresiasi hasil karya ilmiah Guru Binaan dan juga dalam rangka menyambut Hari Guru yang jatuh setiap tanggal 25 November”.

YPA-MDR mengajak seluruh sekolah binaan untuk bersama-sama mewujudkan konsep “Sekolah Unggul” dengan mampu memberikan layanan optimal kepada seluruh peserta didik dengan berbagai perbedaan bakat dan minat kebutuhan belajar.

Melalui konsep “Sekolah Unggul” ini akan mampu meningkatkan secara signifikan kapabilitas yang dimiliki peserta didik menjadi aktualisasi diri yang memberikan kebanggaan serta responsif terhadap perubahan.

Selain itu, Herawati menambahkan dengan terselenggaranya seminar daerah ini YPA-MDR juga berharap dapat memberikan ruang kepada sekolah-sekolah binaan mewujudkan budaya penelitian ilmiah yang kokoh dan berkelanjutan untuk peningkatan mutu pendidikan Indonesia dalam pembelajaran aktif melalui teknologi digital.

4 pilar pembinaan

Herawati menjelaskan hal ini sejalan dengan visi YPA-MDR agar seluruh elemen pendidikan mampu meningkatkan kualitas dari segi akademik, intelektual dan kompetensi kecakapan hidup, seni budaya serta memiliki karakter yang didasarkan pada nilai luhur Bangsa Indonesia yang majemuk sebagai bagian dari Sistem Pendidikan Nasional.

YPA-MDR meningkatan kualitas pendidikan di daerah prasejahtera melalui empat pilar pembinaan yaitu;

  1. Akademis
  2. karakter
  3. Kecakapan hidup
  4. Seni budaya

Digarapkan dengan 4 pilar pembinaan ini akan menghasilkan transformasi sekolah dari Sekolah Prasejahtera menjadi Sekolah Swapraja menuju Sekolah Unggul.

Sejak tahun 2006 hingga kini, YPA-MDR telah membina 90 sekolah negeri, 1.107 guru dan 17.946 siswa, yang terdiri dari 66 SD, 19 SMP dan 5 SMK/SMA yang terletak di Lampung Selatan, Bogor, Serang, Gunungkidul, Bantul, Pacitan, Kutai Barat, Kupang, Rote Ndao, Kapuas dan Barito Utara.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *