Pemkot Depok Kembali Adakan Lomba Cerdas Cermat HAM Tingkat Pelajar

Inionline.id – Pemerintah Kota (Pemkot) Depok kembali mengadakan Lomba Cerdas Cermat Hak Asasi Manusia (HAM) Tingkat Pelajar. Lomba kali ini diikuti oleh 10 Sekolah Menengah Atas (SMA) di Kota Depok.

Kepala Bagian Hukum Setda Kota Depok, Salviadona Tri Partita mengatakan, kesepuluh sekolah tersebut terdiri dari delapan SMA negeri dan dua SMA swasta. Yaitu SMAN 6, SMAN 7, SMAN 8, SMAN 9, SMAN 10, SMAN 11, SMAN 12, SMAN 13, SMA Tugu Ibu dan SMA Cakra Buana.

“Lomba ini merupakan rangkaian dari seminar HAM yang sudah kita lakukan. Dengan tujuan untuk memberikan pemahaman terkait HAM sejak dini kepada para pelajar, sehingga dapat diterapkan dalam kehidupan sehari-hari,” tutur Dona kepada depok.go.id di sela-sela acara tersebut di The Margo Hotel Depok, Rabu (18/09/2019).

Dikatakannya, materi lomba mencakup Undang-undang Dasar (UUD) 1945, Undang-undang No 39 Tahun 1999 tentang HAM, Undang-undang No 26 Tahun 2000 tentang Pengadilan HAM, dan peraturan lainnya yang berhubungan dengan HAM.

“Sementara untuk juri pada lomba ini berasal dari Polresta Depok, Kejaksaan Negeri Depok, dan Diskominfo Kota Depok,” ujarnya.

Dirinya menambahkan, untuk menyemangati para peserta lomba pihaknya juga telah menyiapkan hadiah bagi para pemenang. Hadiah yang disiapkan berupa piala dan uang pembinaan.

“Nanti bagi pemenang rencananya akan kita ikutkan pada lomba cerdas cermat yang diadakan oleh Kementerian Hukum dan HAM pada peringatan Hari HAM nanti,” tandasnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *