Listrik Pulih, Jakarta Kembali ke Papan Atas Polusi Udara

Headline, Nasional057 views

Inionline.id – Dua hari usai listrik sepenuhnya pulih, Jakarta kembali ke jajaran atas kota dengan kadar polusi udara tertinggi dunia.

Berdasarkan situs pemantau kualitas udara AirVisual.com yang dipantau pukul 08.49 WIB, Jakarta menduduki peringkat kedua atau berada di atas Hanoi, Vietnam.

Skor Air Quality Index (AQI) Jakarta mencapai 154 atau berkategori unhealthy alias tak sehat, dengan PM 2,5 senilai 60.8 µg/m³. Sedangkan Hanoi memiliki skor 161.

Dikutip dari situs bmkg.go.id, Partikulat (PM2,5) adalah partikel udara yang berukuran lebih kecil dari 2,5 mikron (mikrometer).

Sementara, Nilai Ambang Batas (NAB) adalah batas konsentrasi polusi udara yang diperbolehkan berada dalam udara ambien, NAB PM2,5 = 65 µg/m³.

Menurut AirVisual.com, ada sejumlah daerah di ibu kota dengan kategori udara unhealthy. Yakni, Pegadungan, Kalideres, Jakarta Barat, dengan nilai AQI 166; Pejaten Barat, Jakarta Selatan, dengan skor 154; dan Rawamangun, Jakarta Timur, dengan nilai AQI 153.

Hingga saat ini, hanya Jakarta dan Hanoi yang menjadi kota di dunia dengan kategori kualitas udara tak sehat.

Sebelumnya, Jakarta terbiasa menududuki peringkat atas kota dengan kualitas udara buruk. Listrik kemudian padam di sebagian besar Jawa, mulai Minggu (4/8). PLN kemudian secara bertahap memperbaiki pasokan listrik.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *