31 Pekerja PT Istaka Karya Dilaporkan Dibunuh Kelompok Kriminal Bersenjata Papua

Inionline.id – Kepolisian Daerah Papua melakukan penyelidikan atas informasi pembunuhan terhadap pekerja proyek Istaka Karya yang sedang membangun jembatan di Kali Yigi dan Kali Aurak. Kabid Humas Polda Papua Komisaris Besar Ahmad Musthofa Kamal mengatakan pihaknya bersama TNI menerjunkan personel gabungan guna mengecek informasi tersebut. Selain itu, kata dia, personel juga dikerahkan untuk mengevakuasi korban dan menangkap para pelaku.

Berdasarkan informasi dari berbagai sumber, ada 24 orang pekerja dari PT Istaka Karya (BUMN) yang melakukan pembangunan jembatan di Kali Yigi-Kali Aurak, Kabupaten Nduga, yang dikabarkan tewas dibunuh Kelompok Kriminal Bersenjata (KKB), Senin (03/12).

“Kita sekarang berusaha mendekati lokasi, tetapi laporan yang kami terima menyebutkan ada yang menyebutkan ada 24 hingga 31 pekerja pendatang yang tewas dibunuh oleh kelompok kriminal bersenjata (KKB),” ungkap juru bicara Kodam XVII Cenderawasih, Kolonel Infanteri Muhammad Aidi, dilansir BBC News Indonesia, Selasa pagi (04/12).

Kelompok Kriminal Bersenjata (KKB) Papua. (Foto/Dok.iNews.id)

Sementara itu Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimujono mengatakan akan menghentikan sementara pembangunan jembatan di ruas jalan Wamena sampai Mumugu, Papua. Hal tersebut disampaikannya dalam jumpa pers terkait pembunuhan puluhan pekerja proyek jembatan oleh Kelompok Kriminal Bersenjata (KKB) di Kabupaten Nduga, Papua awal pekan ini.

“Seluruh pekerjaan pembangunan jembatan segmen 5 dari ruas Wamena, Haberna, Kenyam dan Mumugu dihentikan untuk sementara waktu,” ujar Basuki di Gedung Kementerian PUPR, Jakarta, Selasa (4/12).

Sebanyak 31 pekerja proyek Istaka Karya yang tengah membangun Trans Papua, yaitu jembatan di Kali Yigi-Kali Aurak, Distrik Yigi, Kabupaten Nduga, Papua dibunuh oleh Kelompok Kriminal Bersenjata (KKB). Mereka dibunuh lantaran memfoto kegiatan upacara Hari Ulang Tahun (HUT) KKB yang diselenggarakan tidak jauh dari lokasi proyek.

Upacara peringatan HUT KKB digelar pada Sabtu 1 Desember 2018. Kegiatan itu dilakukan di Distrik Mbua. Sementara, Distrik Yigi merupakan distrik yang berbatasan langsung dengan Distrik Mbua dan menjadi akses jalan yang biasa dilalui oleh KKB.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *