Kuliner Satu Hobi Menteri Dalam Negeri Tjahjo Kumolo

BANDUNG, IniOnline.id – Kuliner adalah satu hobi Menteri Dalam Negeri Tjahjo Kumolo. Setiap pergi ke luar daerah untuk kunjungan kerja, Menteri Tjahjo tak pernah lupa menyempatkan diri berkuliner ria. Memanjakan lidahnya. Dan ia tak pernah pilih – pilih tempat makan. Di pinggir jalan yang panas, atau warung makan yang pengap pun jadi.

Seperti saat ia usai menghadiri acara wisuda praja Institut Pemerintahan Dalam Negeri (IPDN) di kampus IPDN di Jatinangor, Sumedang yang juga dihadiri Presiden RI Joko Widodo (Jokowi) beberapa waktu lalu. Selesai acara ia mengajak seluruh wartawan yang ikut mencicipi mie babat di Bandung.

” Kita makan mie babat yah,” kata Tjahjo.

Ternyata warung mie babat yang dituju, bukanlah warung seperti restoran besar dan mewah. Warung mie tak terlalu besar, bahkan ada di jalan yang sempit. Bersama istrinya, Erni Guntarti yang ikut mendampingi kunjungan kerjanya, ia menjamu seluruh wartawan yang ikut meliput. Ikut mendampingi Kepala Pusat Penerangan Kementerian Dalam Negeri Bahtiar.

Seluruh wartawan duduk satu meja dengannya.  Sambil menyantap semangkuk mie babat dan jus alpukat, Tjahjo bercerita bahwa warung mie babat ini adalah langganannya sejak tahun 1980-an. Tjahjo masih ingat, waktu itu ia coba daftar masuk ke ITB dan Inpad. Sayang, hasrat kuliah di dua universitas negeri di Bandung itu gagal, karena ia tak lolos tes. Ia justru di terima di Universitas Diponegoro, universitas yang juga jadi tempat menimba ilmu istrinya Erni Guntarti. Tjahjo diterima di fakultas hukum. Sementara istrinya, kuliah di fakultas kedokteran.

“Saya sudah lama makan di warung mie ini. Dulu tempatnya sama tak berubah. Hanya sekarang lebih rapi,” katanya.

Istrinya Erni Guntarti yang duduk tak jauh darinya ikut nimbrung mengobrol. ” Iya dek, ini dulu warungnya tak seperti ini, walau tak berubah tempatnya. Sekarang agak baikkan. Dulu belum ada wallpapernya,” kata Erni.

Erni pun bercerita, ia tahu warung mie karena diajak Tjahjo, suaminya. ” Kuahnya yang seger. Juga jus alpukatnya enak. Ini bukan jus yang di blender tapi ditumbuk, jadi terasa sekali alpukatnya,” ujarnya.

” Kuahnya memang yang seger. Ayo, ayo kalau ada yang mau nambah,” kata Tjahjo pada para wartawan.

Tiba-tiba, dua orang, satu laki-laki dan satu perempuan yang sepertinya suami istri mendekat. Dengan ragu-ragu, keduanya berkata, meminta kesediaan Mendagri untuk foto bareng. ” Boleh foto bareng pak?”

” Oh boleh-boleh,” kata Tjahjo, sambil berdiri dari duduknya. Ia pun kemudian berfoto bareng dengan suami istri tersebut. ” Terima kasih pak menteri, maaf menganggu makannya,” kata si suami.

” Oh enggak apa-apa,” jawab Tjahjo sambil tersenyum. Suami istri itu pun mengalami Tjahjo, lantas berpamitan.

Selesai makan, rombongan Mendagri dengan wartawan berpisah jalan. Mendagri pulang ke Jakarta naik kereta. Sementara para wartawan menuju Jakarta naik mobil lewat jalur jalan tol Cipularang.(kemendagri/na)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *