Upacara 17 Agustus di IKN akan Mengundang Megawati hingga SBY

Politik657 views

Inionline.id – Kepala Badan Pembinaan Ideologi Pancasila (BPIP) Yudian Wahyudi mengatakan Megawati Soekarnoputri dan Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) akan diundang menghadiri upacara peringatan HUT Kemerdekaan ke-79 Republik Indonesia di Ibu Kota Nusantara (IKN).

“Iya diundang [presiden terdahulu], pada prinsipnya diundang ya tokoh-tokoh, terutama yang ada hubungannya dengan istilahnya jasa mereka dalam merebut kemerdekaan dan juga pengabdian selama ini,” kata Yudian di Istana Kepresidenan, Jakarta, Senin (10/6).

Yudian lantas merinci persiapan calon Paskibraka tingkat pusat jelang Upacara HUT RI. Ia mengatakan calon Paskibraka akan diberangkatkan ke IKN pada 10 Agustus 2024 melalui Balikpapan. Kemudian mereka akan dikukuhkan rencananya pada tanggal 15 Agustus 2024 di IKN.

Ia mengatakan akan 76 orang Paskibraka akan dikukuhkan. Ini terdiri dari 38 putra dan 38 putri mewakili 38 provinsi.

“BPIP juga telah membuat duplikat Bendera Pusaka untuk didistribusikan ke Istana, 38 provinsi dan 514 kabupaten/kota untuk dikibarkan, di peringatan Hari Kemerdekaan Indonesia ke-79 di seluruh wilayah Indonesia,” kata dia.

Di sisi lain, Yudian juga memastikan BPIP siap jika tim Paskibraka tahun ini harus dibagi dua tim untuk upacara di IKN dan di Jakarta.

“Pada prinsipnya kami sudah siap, termasuk yang di wilayah provinsi-provinsi se-Indonesia, kabupaten yang ditangani oleh masing-masing kepanitiaan berdasarkan wilayah masing-masing. Ada di tingkat provinsi, kabupaten/kota,” kata dia.

Sebelumnya Menko PMK Muhadjir Effendy mengungkapkan Presiden Joko Widodo dan Presiden Terpilih Prabowo Subianto akan menghadiri upacara peringatan HUT Kemerdekaan ke-79 Republik Indonesia 17 Agustus di IKN.

Sementara itu, Wakil Presiden Ma’ruf Amin dan Wapres terpilih Gibran Rakabuming Raka upacara di Jakarta. Hal ini karena pemerintah berencana menggelar dua upacara pada tahun ini.