Untuk Laksanakan Program Makan Gratis, Prabowo Akan Bentuk Badan Gizi

Headline, Nasional957 views

Inionline.id – Untuk melaksanakan Program Makan Bergizi Gratis, Presiden-Wakil Presiden Terpilih Prabowo Subianto dan Gibran Rakabuming Raka akan membentuk Badan Gizi.

Informasi itu disampaikan Anggota Dewan Pakar TKN Prabowo-Gibran Panangian Simanungkalit. Ia mengatakan Badan Gizi Nasional merupakan instansi baru yang tengah disiapkan pembentukannya.

Instansi inilah yang akan menjalankan penugasan untuk program makan gratis tersebut.

“Sedang jalan kan. Itu juga merupakan suatu badan yang baru,” kata Panangian, ditemui di Cilandak, Jakarta Selatan, Jumat (21/6).

Namun ia belum dapat memastikan apakah instansi ini murni diisi dengan orang-orang baru atau mengambil dari badan serupa lainnya.

“Saya kira kalau Pak Prabowo lebih suka sesuatu yang lebih fresh. Bahwa nanti ada kombinasi tentu sebagai lembaga, tapi lebih fresh beliau itu maunya,” ujarnya.

Lebih lanjut ia menjelaskan, nantinya instansi ini akan berkoordinasi dengan Badan Usaha Milik Desa (BUMDes) dan lembaga-lembaga desa lainnya. Dengan demikian, di dalamnya tidak akan ada intervensi dari pengusaha-pengusaha besar.

“Melalui lembaga-lembaga di desa. Jadi nggak ada (vendor makanan dari) konglomerat-konglomerat di situ. Tentu kalau ada koperasi pasti diikutsertakan juga,” kata dia.

Di sisi lain, menurutnya implementasi program makan gratis ini nantinya akan lebih diarahkan untuk makan pagi dan bukannya makan siang. Namun hal ini masih akan dibahas Kembali dan disesuaikan dengan sekolah-sekolah terkait.

“Makan pagi kalau nggak salah. Pokoknya dapat makanan gratis. Kan ada yang bilang pagi, ada yang siang, tergantung sekolahnya,” jelas dia.