Spanyol Tampil Lebih Efektif Meski Kroasia Dominan

Inionline.id – Kroasia kalah telak dari Spanyol di laga pertama Euro 2024 meski tampil lebih dominan. Spanyol lebih efektif dalam memaksimalkan peluang-peluangnya.

Kroasia takluk dengan skor 0-3 dari Spanyol di pertandingan pertama Grup B di Olympiastadion, Berlin, Sabtu (15/6/2024) malam WIB. Tiga gol bersarang di gawang Kroasia pada babak pertama.

Menilik catatan statistik, Kroasia lebih dominan ketimbang Spanyol. Penguasaan bola Kroasia sebesar 56% berbanding 46% milik Spanyol.

Luka Modric dkk. juga melepaskan lebih banyak tembakan (16) dibanding Spanyol (11). Kroasia sempat mendapat penalti pada menit ke-80, tapi tendangan Bruno Petkovic ditepis Unai Simon.

Penyerang Kroasia Ante Budimir mengakui keunggulan Spanyol. Ia menyebut Spanyol lebih efektif dalam memanfaatkan peluangnya.

“Kami harus jujur dan bilang kalau Spanyol lebih baik sebagai tim di semua aspek permainan. Mereka lebih cepat dan agresif, dan mereka punya rencana yang lebih baik ketika mereka memegang bola. Ini berat buat kami. Kekalahan seperti ini jelas menyakitkan,” ujar Budimir di situs resmi UEFA.

“Kami juga punya peluang, tapi bolanya tidak mau masuk. Mungkin dinamika akan berubah, tapi begitulah adanya, dan tidak ada jalan kembali. Sekarang pertandingan yang paling penting sudah menanti dan kami harus menang.”

“Faktanya kami punya penguasaan bola yang lebih baik dan tembakan yang lebih banyak daripada Spanyol, tapi pada akhirnya mereka lebih baik dan lebih efektif dengan penguasaan bola dan peluangnya. Mereka memaksimalkan peluangnya dan kami tidak,” katanya.