Koeman Salahkan Barca, De Jong Batal Perkuat Belanda di Euro 2024

Inionline.id – Frenkie de Jong dipastikan batal tampil memperkuat Belanda di Piala Eropa 2024. Ia gagal pulih tepat waktu dari cedera engkel yang dideritanya.

“Saya sedih dan kecewa mengetahui bahwa saya takkan ambil bagian di Euro 2024. Kami bekerja keras selama beberapa pekan terakhir, namun sayangnya engkel saya butuh waktu lebih lama,” tulis De Jong mengumumkan kegagalan dirinya ke Jerman via media sosial.

“Itu adalah mimpi dan kehormatan terbesar bisa mewakili negara sendiri di sebuah turnamen, namun saat ini, seperti warga lainnya, saya akan mendukung tim kami dari tepi lapangan,” jelas gelandang Barcelona tersebut.

De Jong sudah tak bermain sejak April lalu karena menderita cedera engkel untuk ketiga kalinya di musim 2023-24 saat melawan Real Madrid. Ia dibawa skuad Belanda dengan harapan bisa pulih paling tidak saat fase grup sudah berjalan, namun hal itu tak terjadi.

Pelatih Belanda Ronald Koeman mengkritik Barcelona terkait cedera De Jong. Hal itu dia ungkapkan usai mengalahkan Islandia 4-0 dalam laga uji coba terakhir sebelum turnamen.

“Mereka mengambil risiko dengan Frenkie dan sekarang kami yang menanggung akibatnya,” jelas eks pelatih Barca itu kepada NOS dan dikutip ESPN.

De Jong akan kembali ke Barcelona untuk melanjutkan pemulihan, sementara Koeman harus menentukan siapa yang akan mengganti posisi pemain 27 tahun tersebut. Belanda tergabung di Grup D bersama Prancis, Austria, dan Polandia.

Mereka akan menghadapi Robert Lewandowski dkk di laga pertama pada 16 Juni, disusul melawan Prancis dan Austria.