Kasus Bullying Siswa Difabel oleh Kakak Kelas Ditelusuri Disdik Makassar

Pendidikan857 views

Inionline.id – Kepala Dinas Pendidikan Makassar, Sulawesi Selatan Muhyiddin Mustakim buka suara terkait kasus perundungan atau bullying yang dialami siswa difabel SMP Negeri 4 Makassar yang dilakukan sejumlah kakak kelas.

Kasus perundungan yang dialami MH (13) terungkap setelah video yang memperlihatkan kejadian tersebut viral di media sosial.

“Kejadian sudah satu bulan yang lalu. Ini mau kami klarifikasi kenapa video ini baru muncul. Pengalaman kami itu banyak anak korban kita dijadikan konten kreator diperalat di TikTok. Makanya ini kami akan telusuri dengan viralnya ini kenapa bukan satu bulan yang lalu,” kata Muhyiddin, Sabtu (15/6).

Setelah viralnya video tersebut, kata Muhyiddin para guru pun juga kaget. Karena selama ini mereka tidak pernah menerima ada laporan.

“Tentu dengan guru juga kaget. Guru tidak tahu. Seandainya ada perkelahian pasti guru tahulah,” ungkapnya.

Dinas Pendidikan Makassar pun telah mengambil langkah-langkah untuk menyelesaikan permasalahan tersebut dengan melakukan mediasi terhadap keluarga korban maupun keluarga terduga pelaku.

“Ini yang kami lakukan pendekatan, mau datangi orang tua. Ini anak kesayangan, karena punya prestasi yang luar biasa. Ini anak penyandang disabilitas tapi punya prestasi luar biasa di sekolah ini,” jelasnya.

Selain itu, Dinas Pendidikan Makassar akan memperketat pengawasan terhadap seluruh aktivitas para siswa usai kejadian tersebut.

Kenali Ciri-ciri Pelaku Bullying

“Ini menjadi perhatian dan pembelajaran buat kita semua. Agar tidak terulang seperti ini,” tuturnya.

Muhyiddin berharap agar MH tetap bersekolah di SMP Negeri 4, karena selama ini memiliki prestasi yang luar biasa.

“Orang tuanya kan mau pindah. Tapi kami minta jangan pindah. Nanti kita buatkan kebijakan agar proses pembelajaran ini bisa sama-sama kembali,” pungkasnya.