Jelang Puncak Haji, Saudi Wanti-wanti Cuaca Panas Ekstrem

Internasional1157 views

Inionline.id – Kementerian Kesehatan Kerajaan Arab Saudi memperingatkan potensi panas ekstrem yang akan dihadapi jemaah haji tahun ini.

Juru bicara Kemenkes Saudi, Mohammed Al-Abdulaali, mengatakan akan ada kenaikan suhu yang signifikan di tanah Arab selama musim haji ini.

Dia pun menyarankan para jemaah untuk mematuhi pedoman kesehatan yang telah ditetapkan, di antaranya yakni membawa payung guna menghindari paparan sinar matahari langsung, minum air dalam jumlah yang cukup, serta beristirahat di antara ibadah agar tak kelelahan.

Al-Abdulaali menekankan jemaah untuk benar-benar mematuhi pedoman ini agar tetap sehat dan selamat selama pelaksanaan ibadah haji.

“Kementerian melakukan semua upaya untuk menyediakan lingkungan yang sehat dan aman bagi para peziarah di tengah kondisi iklim yang keras,” demikian dilansir dari Saudi Gazette, Selasa (11/6).

Pusat Meteorologi Nasional Saudi sebelumnya mengumumkan bahwa cuaca di sejumlah situs suci akan bervariasi mulai dari panas hingga sangat panas. Temperatur udara diperkirakan berkisar antara 45 sampai 48 derajat Celsius dengan sedikit potensi hujan.

Hingga Senin, lebih dari 1,5 juta jemaah dari seluruh dunia telah tiba di Saudi untuk melaksanakan haji.

Otoritas Arab Saudi mengimbau agar pelaksanaan salat Jumat beserta khotbah selama musim haji dipersingkat mengingat panas ekstrem. Otoritas juga meminta kepada dua masjid suci alias Masjidil Haram dan Masjid Nabawi untuk mengurangi jumlah bacaan Al-Quran dan memperpendek waktu antara azan dan iqamah selama musim haji.