Ini 7 Penyebab Sakit Perut Sebelah Kanan, Bukan Maag

Kesehatan657 views

Inionline.id – Masalah lambung biasa ditandai dengan sakit perut sebelah kiri. Kalau perut sebelah kanan sakit, ada apa?

Simak penyebab sakit perut sebelah kanan selengkapnya dalam artikel ini.

Masalah perut sebelah kiri sering berkaitan dengan organ lambung. Sementara, perut sebelah kanan terdapat antara lain organ hati, empedu, pankreas, usus dua belas jari, ginjal kanan, juga usus buntu.

Biasanya, sakit perut sebelah kanan menandakan gangguan pencernaan. Rasa sakit pada perut sebelah kanan juga biasanya bisa hilang dalam beberapa hari.

Namun, tak menutup kemungkinan rasa sakit di perut sebelah kanan ini menandakan masalah serius.

Penyebab perut sebelah kanan sakit

Ada beberapa penyebab sakit perut sebelah kanan. Berikut di antaranya, mengutip berbagai sumber.

1. Gas di usus

Kembung dan sensasi perut penuh menandakan penumpukan gas pada usus. Penumpukan gas terjadi akibat udara yang tertelan, pemecahan karbohidrat yang tidak tercerna usus kecil, intoleransi laktosa, sembelit, pertumbuhan bakteri berlebihan di usus besar, dan GERD.

2. Gangguan pencernaan

Gangguan pencernaan atau dispepsia bisa memicu sakit perut sebelah kanan.

Selain sakit perut, biasanya orang merasakan dada panas, tidak nyaman selama atau setelah makan, sendawa, kembung, dan mual.

Masalah ini biasanya disebabkan oleh minum terlalu banyak alkohol, kopi atau soda; makan terlalu cepat; konsumsi makanan pedas, berlemak, berminyak atau sangat asam; stres; dan merokok.

3. Radang usus buntu

Radang usus buntu bisa menyebabkan penyumbatan pada sistem pencernaan.

Salah satu tanda awal penyakit usus buntu adalah rasa sakit di sekitar pusar. Mengutip Health, rasa sakitnya kemudian cenderung mengarah ke perut sebelah kanan.

4. Batu ginjal

Batu ginjal berukuran kecil mungkin tidak menimbulkan rasa sakit. Namun, saat batu berukuran besar pindah atau masuk ke saluran yang menghubungkan ginjal dan kandung kemih, muncul rasa sakit parah di perut kanan bagian bawah.

5. Infeksi ginjal

Infeksi ginjal terjadi akibat bakteri yang berasal dari saluran kemih.

Mengutip Healthline, selain sakit perut bagian kanan bawah, infeksi ginjal bisa memicu rasa tidak nyaman pada punggung atau tubuh bagian samping.

6. Batu empedu

Anda perlu mencurigai batu empedu jika perut sebelah kanan terasa sakit terus-menerus. Rasa sakit biasanya muncul akibat batu empedu menyumbat saluran empedu.

Selain sakit perut, orang bisa mengalami nyeri punggung, sakit bahu kanan, mual, demam, bahkan sakit kuning (jaundice).

7. Batu ginjal

Selain batu empedu, masalah batu ginjal juga bisa picu perut sebelah kanan sakit. Batu-batu yang menyumbat saluran kemih lalu urine bisa memicu sakit perut sampai nyeri punggung.

Batu ginjal pun dapat menimbulkan gejala demam, muntah, urine keruh dan berbau busuk, rasa terbakar saat buang air kecil, serta terdapat darah pada urine.

Demikian beberapa penyebab sakit perut sebelah kanan yang bisa diwaspadai.