Demam AI Membuat Nvidia Jadi Perusahaan Paling Berharga Salip Microsoft

Iptek1057 views

Inionline.id – Perusahaan teknologi multinasional Nvidia Corp menjadi perusahaan paling berharga di dunia berkat antusiasme investor terhadap teknologi kecerdasan buatan (artificial intelligence/ AI).

Kapitalisasi Nvidia pun kini telah melampaui perusahaan teknologi besar lainnya, yakni Microsoft dan Apple.

Selasa (18/6), kapitalisasi pasar Nvidia ditutup pada sekitar US$3,34 triliun. Ini melampaui nilai Microsoft yang sebesar US$3,32 triliun.

Sementara, Apple memiliki kapitalisasi pasar sebesar US$3,27 triliun.

Saham Nvidia ditutup menguat 3,5 persen pada perdagangan Selasa kemarin. Sedangkan, saham Microsoft turun 0,5 persen dan saham Apple melemah 1,1 persen.

Tingginya kapitalisasi saham Nvidia terjadi sejak awal Juni ini.

Produsen cip asal AS itu memimpin saham raksasa teknologi Magnificent Seven yang telah mendorong sebagian besar keuntungan pasar saham sejak demam AI menyalip Wall Street tahun lalu. Saham perusahaan naik sekitar 174 persen untuk tahun ini dan merupakan indeks S&P 500 dengan kinerja terbaik pada 2023.

Hal ini tak lepas dari cip buatan perusahaan yang mulai digandrungi pasar.

Chip Nvidia dinilai juara dalam memproduksi prosesor yang mendukung sistem kecerdasan buatan, termasuk untuk AI generatif. Ini adalah teknologi yang mendukung ChatGPT OpenAI yang dapat membuat teks, gambar, dan media lainnya.