Deadpool & Wolverine Tetap Bakal Tayang di China Meski Kena Sensor

Inionline.id – Deadpool & Wolverine berhasil mengamankan jadwal tayang di China, salah satu negara dengan sensor tayangan paling ketat di dunia. Film dibintangi Ryan Reynolds dan Hugh Jackman itu bakal tayang 26 Juli di China, sama sepeti di AS.

Sebagai salah satu film paling dewasa dalam franchise Marvel, Deadpool & Wolverine yang diberi label R di AS ini akan mendapatkan potongan sensor minimal untuk bisa rilis di China.

Dari klasifikasi itu, rating R biasanya diberikan untuk film yang mengandung konten dewasa, seperti kekerasan, materi yang mengganggu, konten seksual, ketelanjangan, penggunaan narkoba, dan bahasa kasar.

Belum ada informasi soal adegan yang dibuang atau diubah dari film itu. Namun, sumber mengatakan penyuntingan terkait “kekerasan, adegan berdarah, gore, dan penggunaan kata-kata kasar.”

Berdasarkan pemberitaan Variety, sumber memastikan tidak ada pemotongan atau penyuntingan yang berpengaruh pada integritas cerita. Sehingga, film itu tetap sejalan dengan semangat Deadpool.

Semua film asing yang masuk ke China memerlukan izin untuk diimpor, lolos sensor, dan harus diberi tanggal rilis oleh otoritas setempat.

Deadline pada Minggu (16/6) persetujuan dari regulator film Beijing itu menandai pertama kalinya karakter Merc with a Mouth mendapat lampu hijau untuk tayang di China bersamaan dengan AS.

Film pertama Deadpool (2016) ditolak rilis oleh China karena konten grafis. Sementara itu, Deadpool 2 (2018) berhasil tayang di China beberapa bulan setelah perilisan global imbas pengerjaan ulang untuk membuat film tersebut berlabel PG-13.

Film yang dikenal sebagai Once Upon a Deadpool itu tetap berhasil mengumpulkan US$42 juta ketika tayang di China.

China sebenarnya tidak memiliki sistem rating atau klasifikasi film resmi, seperti di AS, Indonesia dan banyak negara lainnya.

Namun, semua perilisan film secara teoritis seharusnya dapat diakses oleh penonton dari segala usia.

Hal tersebut tidak menghentikan beberapa peserta pameran dan distributor yang sesekali mendesak adanya sistem klasifikasi atau mengeluarkan panduan audiens mereka sendiri.

Keputusan atas Deadpool & Wolverine membuat film itu menjadi yang kelima dari Marvel berhasil tayang di China, setelah Black Panther: Wakanda Forever (2022), Guardians 3, Ant-Man 3, dan The Marvels pada 2023.

Thor: Love and Thunder tidak tayang di China.