Dari Waktu ke Waktu Jerman Terus Membaik

Inionline.id – Jerman melaju ke 16 besar Piala Eropa 2024 usai menekuk Hungaria 2-0 dalam laga kedua Grup A. Pelatih Julian Nagelsmann memuji penampilan Ilkay Gundogan dkk yang terus membaik dari waktu ke waktu.

Die Mannschaft sukses mengatasi perlawanan sengit dari Dominik Szoboszlai dkk dalam duel yang berlangsung di Stuttgart Arena, Rabu (19/6) malam WIB. Dua gol cantik lewat Jamal Musiala pada menit ke-22 serta Gundogan di menit ke-67 memuluskan langkah mereka ke fase gugur.

Jerman kini duduk nyaman di puncak klasemen sementara dengan enam poin hasil dua kemenangan. Asal tidak kalah dari Swiss di laga terakhir grup, posisi mereka takkan tergoyahkan. Ini sekaligus menjadi sinyal peringatan kepada calon lawan bahwa mereka ‘telah kembali’.

Sebelum Euro 2024, Jerman sempat berada dalam siklus naik turun. Performa yang tak meyakinkan di Piala Dunia 2022 dan uji coba setelahnya bahkan berujung pemecatan Hansi Flick, pelatih sebelum Nagelsmann. Sewaktu pria 37 tahun itu datang, kondisinya tergolong kacau.

Butuh waktu bagi Nagelsmann untuk membereskan situasi yang ada. Kembalinya Toni Kroos dari masa pensiun turut membantunya membangun skuad yang diwajibkan berprestasi dalam waktu singkat. Kini Jerman ada di trek yang benar, meski belum sempurna.

“Ada kalanya kami harus berjuang keras, tapi ini adalah proses pendewasaan. Dalam kondisi di Oktober lalu, kami takkan bisa menang 2-0 dalam laga hari ini. Pada level ini, Anda harus tetap stabil,” ujar Nagelsmann usai laga, dikutip situs resmi UEFA.

“Mereka (Hungaria) adalah lawan yang sangat tidak nyaman, namun kami tetap stabil dalam sebagian besar situasi. Anda harus memenangkan laga seperti ini terlebih dahulu, dan kami berhasil melakukannya.”

Nagelsmann pun bertekad membawa Jerman melangkah lebih jauh, apalagi bermain di kandang sendiri. Ia ingin membahagiakan suporter yang telah menderita melihat hasil buruk timnas dalam beberapa tahun terakhir.

“Suporter berjalan melewati hotel kami, mereka amat bising di stadion, hal ini memberi Anda perasaan bagus. Sulit dipercaya, namun hal itu membantu kami, karena tim kami diisi para pemain yang berpengalaman dan telah meraih sukses, namun ternyata hal itu (dukungan) tetap bermanfaat untuk Anda,” Nagelsmann menambahkan.

“Hal semacam itu menggerakkan Anda. Sekarang tugas kami agar para suporter bisa terus bermimpi,” jelasnya.