Cegah Teroris ke IKN saat HUT RI, BNPT Perketat Bandara Sepinggan

Inionline.id – Jelang peringatan HUT RI ke-79 di Ibu Kota Nusantara (IKN) Agustus mendatang, sistem pengamanan di Bandar Udara Sultan Aji Muhammad Sulaiman (SAMS) Sepinggan, Balikpapan, Kalimantan Timur mulai diperketat.

Badan Nasional Penanggulangan Terorisme (BNPT) menyatakan sistem pengamananĀ diperkuat mengingat Bandara Sepinggan salah satu akses menuju IKN di PenajamĀ PaserĀ Utara.

“Hal ini mengingat Bandara SAMS Sepinggan menjadi salah satu akses bandara menuju Penajam Paser IKN,” ucap Kasubdit Pengamanan Objek Vital dan Transportasi BNPT RI Kolonel Cpl Sigit Karyadi, Selasa (18/6).

Asesmen yang dilakukan di Bandara Sepinggan meliputi pengamanan perimeter luar, gedung VVIP, terminal kedatangan dan keberangkatan, hingga kargo domestik maupun internasional.

Asesmen juga dilakukan terhadap personel serta kelengkapan alat penunjang keamanan dan keselamatan. Jalur evakuasi pun turut dicek oleh BNPT.

Sigit menyampaikan bahwa asesmen objek vital dan penguatan pengamanan Bandara SAMS Sepinggan dilakukan dalam melaksanakan tugas dan fungsi yang diamanatkan Sekretariat Negara RI selaku anggota tim keamanan upacara kemerdekaan RI.

Sementara itu, General Manager Bandara SAMS Sepinggan Balikpapan Ahmad Syaugi Syahab menyatakan asesmen sangat perlu guna memitigasi kemungkinan adanya penyusup yang berencana melakukan aksi teror.

“Asesmen ini sangat perlu untuk memastikan proses upacara 17 Agustus di IKN nanti sudah aman dari teroris, minimal sudah dimitigasi sejak awal jadi bisa tahu sudut-sudut yang kira-kira akan dimasuki mereka,” kata Syaugi.