BNPB: Imbas Gunung Ibu Halmahera Meletus 1.900 Warga Masih Mengungsi

Headline, Nasional857 views

Inionline.id – Imbas erupsi Gunung Ibu di Maluku Utara, Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) melaporkan sekitar 1.900 orang masih mengungsi.

Kepala Pusat Data, Informasi dan Komunikasi Kebencanaan BNPB, Abdul Muhari menjelaskan seribuan orang itu berasal dari tiga desa yang terdampak.

“Total data kita secara umum dari tiga desa masih ada sekitar 1.900 warga yang saat ini mengungsi,” kata Abdul dalam Disaster Briefing di YouTube BNPB, Rabu (5/6).

Ia mengatakan saat ini tengah dilakukan pemetaan ulang lantaran adanya laporan soal bukaan kawah yang berbeda di dua arah.

Abdul menyebut pemetaan untuk mengantisipasi dampak yang mungkin terjadi.

“Ada laporan, ada bukaan kawah yang berbeda di dua arah, sehingga kita mulai dari hari Senin lalu sudah bekerja tim di lapangan untuk melakukan pemetaan yang lebih detail, sehingga kita bisa melihat prediksi daerah yang terdampak abu vulkanik maupun potensi banjir lahar,” ujarnya.

Gunung Ibu sebelumnya dilaporkan erupsi dengan kolom abu vulkanik setinggi 7 kilometer dari puncak kawah gunung tersebut, Minggu (2/6) siang.

Gunung Ibu memuntahkan material berupa abu beserta pasir vulkanik. Pada saat erupsi, angin bertiup ke arah barat, akibatnya muntahan material vulkanik tersebut terbawa oleh angin hingga masuk ke lokasi pengungsian.

“Erupsi itu ditandai dengan adanya muntahan kolom abu setinggi kurang lebih 7.000 meter dari kawah puncak utama dalam durasi kurang lebih 10 menit,” dikutip dari keterangan tertulis BNPB, Minggu.