Berikut ini Minyak yang Aman untuk Penderita Batu Empedu

Kesehatan657 views

Inionline.id – Punya penyakit batu empedu berarti harus memperhatikan diet. Beberapa makanan harus diperhatikan, termasuk di antaranya jenis minyak goreng.

Ada beberapa minyak goreng yang aman untuk penderita batu empedu. Apa saja?

Batu empedu terjadi saat endapan empedu mengeras dan terbentuk di kantong empedu. Hingga saat ini, tak diketahui dengan pasti apa penyebab batu empedu.

Akan tetapi, mengutip laman Mayo Clinic, ada beberapa faktor penyebab batu empedu seperti empedu kelebihan kolesterol, kelebihan bilirubin, dan pengosongan empedu kurang sempurna.

Minyak goreng yang aman untuk penderita batu empedu
Salah satu faktor penyebab batu empedu adalah kelebihan kolesterol pada empedu. Hal ini pun dikaitkan dengan konsumsi lemak.

Pemilihan minyak goreng pun dirasa penting buat penderita batu empedu. Berikut beberapa minyak goreng yang aman untuk penderita batu empedu.

1. Minyak zaitun

Sebaiknya pilih minyak dengan mayoritas terdiri dari lemak tak jenuh. Salah satu minyak yang disarankan adalah minyak zaitun.

Pilih minyak zaitun dengan jenis selain virgin olive oil untuk menggoreng atau menumis. Virgin olive oil sebaiknya hanya untuk campuran salad atau pelengkap hidangan roti.

2. Minyak alpukat

Minyak alpukat lebih banyak mengandung lemak tak jenuh ketimbang lemak jenuh. Titik asapnya pun tinggi sehingga menjadikannya minyak goreng yang aman untuk penderita batu empedu.

Mengutip dari Health, minyak alpukat disarankan untuk membuat saus salad, topping hidangan pasta atau sayuran panggang, memasak daging, ikan, telur dan sayuran, juga untuk pengganti mentega dalam resep muffin dan roti.

Demikian beberapa minyak yang aman untuk penderita batu empedu. Semoga membantu.