Berikut ini Cara Cek PTS Penerima Mahasiswa KIP Kuliah

Pendidikan957 views

Inionline.id – Berakhirnya Seleksi Nasional Penerimaan Mahasiswa Baru (SNPMB) 2024 baik berdasarkan prestasi (SNBP) ataupun tes (SNBT), bukan menjadi jalur akhir agar siswa bisa melanjutkan pendidikan tinggi. Karena kini berbagai penerimaan jalur seleksi mandiri baik di perguruan tinggi negeri (PTN) maupun swasta (PTS) tengah dibuka.

Jalur seleksi mandiri memang terkadang dihindari calon mahasiswa baru (camaba) karena biaya pendidikannya lebih mahal dibanding mereka yang lulus dari seleksi nasional. Bagi siswa lulusan tahun terbaru yakni 2024 yang belum berhasil lolos SNPMB, mungkin akan memilih peruntungan di tahun selanjutnya.

Namun, bagaimana dengan lulusan tahun 2023 atau 2022? Jalur seleksi mandiri akan menjadi jawabanmu!

Walaupun begitu, mahasiswa yang memiliki keterbatasan ekonomi tidak perlu khawatir. Karena penawaran bantuan Kartu Indonesia Pintar (KIP) Kuliah juga terbuka bagi calon mahasiswa yang mendaftar seleksi mandiri di PTN atau PTS.

Jadi, tidak menutup kemungkinan jika detikers kuliah di PTS, calon mahasiswa dapat tetap menempuh pendidikan secara gratis karena ditetapkan sebagai penerima KIP Kuliah. Bagaimana cara daftarnya? Yuk simak penjelasan berikut ini!

Cara Cek PTS Penerima Mahasiswa KIP Kuliah

Pendaftaran KIP Kuliah untuk jalur seleksi mandiri PTN dan PTS telah dibuka hingga 31 Oktober 2024 mendatang. Sebelum mendaftar, camaba perlu memastikan bila PTS tujuan memang menerima mahasiswa KIP Kuliah. Begini cara ceknya:

1. Kunjungi laman KIP Kuliah pada tautan https://kip-kuliah.kemdikbud.go.id/.

2. Gulir ke bawah hingga bagian tabel “Cari Perguruan Tinggi/Program Studi Penerima KIP Kuliah”. Tabel ini berisi seluruh perguruan tinggi dan program studi yang menerima mahasiswa KIP Kuliah di seluruh Indonesia baik PTN ataupun PTS.

Tabel ini memiliki data terkait nama perguruan tinggi, nama program studi, jenjang pendidikan (vokasi atau sarjana) dan akreditasi.

3. Di kolom “Cari” ketikkan perguruan tinggi atau program studi kampus tujuanmu.

4. Bila hasil ditemukan, maka kampus tersebut menerima mahasiswa KIP Kuliah dan begitu juga sebaliknya.

5. Camaba juga bisa klik tombol “Lihat Profil” yang akan memperlihatkan data lebih lengkap tentang perguruan tinggi. Dari data ini, kamu juga bisa melihat apakah kampus itu membuka pendaftaran pada seleksi mandiri atau tidak.

Cara Daftar KIP Kuliah Mandiri 2024

1. Buka laman https://kip-kuliah.kemdikbud.go.id/

2. Membuat akun secara mandiri atau bisa didaftarkan perguruan tinggi tempat mahasiswa diterima.

3. Untuk mendaftarkan akun, mahasiswa harus mempunyai Nomor Induk Kependudukan (NIK), Nomor Induk Siswa Nasional (NISN), dan Nomor Pokok Sekolah Nasional (NPSN).

4. Kemudian, calon penerima memasukkan email aktif untuk mendapatkan informasi Nomor Pendaftaran dan Kode Akses.

5. Sistem KIP Kuliah Merdeka selanjutnya akan melakukan validasi NIK, NISN, dan NPSN serta kelayakan mendapatkan KIP Kuliah Merdeka

6. Pendaftar menyelesaikan proses pendaftaran di laman KIP Kuliah Merdeka sesuai jalur seleksi yang dipilih yakni jalur Mandiri.

7. Jika berhasil diterima di perguruan tinggi, maka bisa melakukan verifikasi lebih lanjut di perguruan tinggi tempat pendaftar diterima.

Besaran Bantuan KIP Kuliah 2024

1. Biaya Pendidikan

-Prodi dengan akreditasi Unggul atau A atau Internasional maksimal Rp 8 juta dan khusus prodi kedokteran maksimal Rp 12 juta.
-Prodi dengan akreditasi Baik Sekali atau B maksimal Rp 4 juta.
-Prodi dengan akreditasi Baik atau C maksimal Rp 2,4 juta.

2. Biaya Hidup

Biaya hidup per bulan diberikan pada mahasiswa berdasarkan 5 klaster wilayah, yaitu:

Kelompok 1: Rp 800 ribu
Kelompok 2: Rp 950 ribu
Kelompok 3: Rp 1,1 juta
Kelompok 4: Rp 1,25 juta
Kelompok 5: Rp 1,4 juta

Sekali lagi pendaftaran masih dibuka hingga 31 Oktober 2024. Informasi lebih lengkap bisa dilihat di laman resmi KIP Kuliah https://kip-kuliah.kemdikbud.go.id/.