Berikut ini Cara Bikin Baterai Hp Lebih Awet saat Libur Idul Adha

Iptek1157 views

Inionline.id – Baterai jadi salah satu titik lemah smartphone saat digeber terus-menerus, termasuk di momen libur panjang Idul Adha, buat foto-foto hingga bikin konten.

Pekerja setidaknya mendapat libur Idul Adha empat hari hingga Selasa (18/6). Tapi tak usah risau, iPhone dan hp Android memiliki beberapa trik untuk mengatasi masalah baterai ini agar libur panjang lebih ‘berasa’.

Berikut beberapa tips yang bisa pengguna lakukan untuk menghemat daya kekuatan baterai.

Android

Mengutip laman Bantuan Google, pengguna Android dapat melakukan beberapa tindakan untuk memperpanjang masa pakai baterai pada perangkat Android dan membuat pengisian daya bertahan lebih lama.

1. Setel pengaturan hp ke mode hemat baterai

Biasanya fitur ini tergantung pada perangkat Android. Namun, pengguna dapat melakukan beberapa hal seperti membiarkan layar mati lebih cepat saat tidak digunakan, dan mengurangi tingkat kecerahan layar.

Matikan pula suara getaran keyboard bila tidak dipakai dan batasi penggunaan aplikasi besar yang berpotensi mengurangi daya baterai secara cepat. Kemudian, selalu aktifkan mode baterai adaptif.

2. Jaga kondisi baterai

Untuk menjaga kesehatan baterai, selalu pastikan menggunakan adaptor daya hp yang original.

Pasalnya, adaptor atau pengisi daya yang tidak sesuai berpotensi mengisi daya dengan lambat atau bahkan tidak mengisi daya sama sekali, sehingga tentu saja dapat merusak hp dan baterai.

Selain itu, hindari pemakaian hp hingga panas karena baterai akan lebih cepat terkuras saat kondisi hp panas, bahkan saat tidak digunakan. Pengurasan semacam ini dapat merusak baterai.

Yang lebih penting, isilah daya baterai hingga penuh dalam semalam dan hindari pemakaian hp saat pengisian daya.

3. Hemat saat lowbat

Beberapa hp Android dilengkapi dengan penghemat baterai atau mode daya rendah, yang membantu pengisian daya bertahan lebih lama.

Kemudian hindari pemakaian hp yang membuat layar tetap menyala seperti menonton, navigasi ataupun game saat kondisi baterai sedang lemah.

Selain itu, untuk menghemat baterai yang lemah lebih baik matikan koneksi internet atau konektivitas lain yang tidak terpakai.

iPhone

Sama seperti pengguna Android, pengguna iPhone juga memiliki beberapa cara untuk memperpanjang masa pakai baterai sehingga bisa bertahan lebih lama.

1. Perbarui ke perangkat lunak terbaru

Selalu pastikan perangkat iPhone menggunakan iOS versi terbaru, karena dengan iOS terbaru pengguna iPhone akan dapat memperoleh akses ke lebih banyak kepada data baterai dan kesehatan baterainya.

2. Optimalkan pengaturan
Dua cara sederhana untuk menghemat masa pakai baterai iPhone adalah menyesuaikan kecerahan layar dan menggunakan Wi‑Fi.

Melansir dari Apple, fitur Kecerahan Otomatis bisa untuk memperpanjang masa pakai baterai iPhone, kemudian koneksi Wi‑Fi menggunakan lebih sedikit daya dibandingkan jaringan seluler.

3. Aktifkan Mode Daya Rendah

Diperkenalkan oleh iOS 9, Mode Daya Rendah adalah cara mudah untuk memperpanjang masa pakai baterai iPhone saat baterai mulai lemah.

Biasanya iPhone akan memberitahu pengguna saat tingkat baterai turun hingga 20 persen dan 10 persen sehingga memungkinkan pengguna mengaktifkan Mode Daya Rendah dengan satu ketukan.

4. Lihat informasi Penggunaan Baterai

Dengan iOS, mengelola masa pakai baterai perangkat bisa dilakukan secara mudah. Hal ini karena pengguna dapat melihat proporsi baterai yang digunakan oleh setiap aplikasi (kecuali perangkat sedang mengisi daya).

Untuk melihatnya cukup buka Pengaturan > Baterai. Ini juga akan menunjukkan Aktivitas Latar Belakang ketika pengguna menggunakan banyak aplikasi sekaligus, kemudian ini juga Ini menunjukkan penggunaan layanan lokasi, dan juga notifikasi di Layar Beranda & Kunci.

5. Colokkan dan nyalakan komputer untuk mengisi daya perangkat

Pastikan komputer tersambung dan dihidupkan saat digunakan untuk mengisi daya perangkat iOS melalui USB.

Jika perangkat iPhone tersambung ke komputer yang dimatikan atau berada dalam mode tidur atau siaga, maka alih-alih mengisi daya baterai iPhone malah akan terkuras.