Berikut ini 7 Kebiasaan yang Ampuh Hancurkan Lemak Perut

Kesehatan657 views

Inionline.id – Kelebihan lemak perut bisa menimbulkan masalah penampilan dan kesehatan. Kebiasaan-kebiasaan berikut bisa menghempas lemak perut demi dapatkan perut rata.

Lemak menumpuk di perut disebabkan berbagai faktor termasuk usia, gaya hidup, dan pola makan. Buat sebagian orang, menghilangkan lemak perut tidak semudah lemak-lemak di area tubuh lain.

Akan tetapi dengan kebiasaan berikut, perut rata bukan lagi sekadar impian.

1. Langkah ekstra

Jalan kaki memang bisa menghancurkan lemak. Lemak yang dihancurkan pun makin banyak saat Anda menambah langkah.

Buat yang sehari-hari sudah banyak berjalan kaki, coba tambah lagi. Anda bisa menyempatkan diri jalan kaki di treadmill tiap pagi sambil mengecek email. Saat jam istirahat siang, sempatkan untuk jalan kaki setelah makan siang.

2. Tambahkan menu angkat beban

Latihan kardio memang menghasilkan keringat luar biasa. Setelahnya tubuh terasa lebih ringan. Latihan ini perlu ditambah dengan angkat beban agar lebih banyak lemak yang terbakar.

Setidaknya lakukan latihan beban setidaknya tiga kali seminggu. Kalau sudah rutin latihan beban, tambahkan kardio setelahnya agar pembakaran lemak lebih sempurna.

3. Tidur

Sekilas, tidur bukan cara produktif untuk menghancurkan lemak. Namun tidur penting untuk pemulihan yang pada akhirnya akan membantu menghilangkan lemak.

Melansir dari Eat This, Not That!, disarankan untuk tidur setidaknya 8 jam di malam hari. Pastikan lingkungan tidur yang sejuk dan gelap, serta jadwal tidur dan bangun teratur.

4. Banyak konsumsi serat larut air

Serat larut air (soluble fiber) menyerap air dan membentuk gel yang membantu memperlambat makanan saat melewati sistem pencernaan.

Melansir dari Healthline, studi menunjukkan bahwa serat ini dapat meningkatkan penurunan berat badan dengan membantu Anda merasa kenyang secara alami. Anda pun makan dengan porsi lebih sedikit.

Studi lain pun menemukan serat larut air dapat membantu menghancurkan lemak perut. Serat larut air dapat diperoleh dari buah, sayur, polong-polongan, oatmeal dan gandum.

5. Asupan tinggi protein

Biasakan untuk mengonsumsi makanan tinggi protein. Protein adalah nutrisi yang sangat penting untuk pengelolaan berat badan.

Asupan tinggi protein meningkatkan pelepasan hormon kenyang peptida YY yang menurunkan nafsu makan dan meningkatkan rasa kenyang.

Banyak penelitian observasional menunjukkan orang yang mengonsumsi lebih banyak protein cenderung memiliki lebih sedikit lemak perut dibanding yang mengonsumsi makanan rendah protein.

6. Rajin minum air putih

Jadikan air putih teman baik Anda. Usahakan bawa botol air mineral isi ulang agar hidrasi terjaga dan lemak-lemak hancur.

Idealnya, orang perlu minum setengah dari berat badannya dalam ons cairan. Kalau berat badan 100 pon (45 kg) setidaknya minum 50 ons cairan (sekitar 1,4 liter).

7. Batasi pangan ultra-proses

Penting sekali untuk membatasi konsumsi pangan ultra-proses. Pangan seperti ini biasanya tinggi gula, garam, dan lemak. Hal ini bisa menggagalkan proses penghancuran lemak perut.

Itulah 7 kebiasaan yang ampuh menghancurkan lemak perut. Selamat mencoba.