Berhasil Meluncur ke Antariksa Roket Raksasa Starship Milik Elon Musk

Iptek757 views

Inionline.id – Roket raksasa dan terkuat Starship kepunyaan SpaceX berhasil meluncur, Kamis (6/6). Ini merupakan peluncuran keempat kalinya roket raksasa tersebut.

Starship meluncur dari fasilitas Starbase di Boca Chica, Texas. Roket ini meluncur pada Kamis (6/6) pukul 7:50 CT atau sekitar pukul 19.50 waktu Indonesia.

Sistem peluncuran Starship mencakup pesawat ruang angkasa bagian atas dan pendorong roket yang dikenal sebagai Super Heavy. Dari 33 mesin roket, 32 di antaranya menyala saat peluncuran.

Mengutip CNN, wahana ini berhasil mencatat sejumlah rekor penting dalam penerbangan uji coba kali ini, termasuk bertahannya kapsul Starship saat masuk kembali ke atmosfer Bumi dan jatuhnya kapsul serta pendorongnya.

Setelah memisahkan diri dari pesawat ruang angkasa, pendorong Super Heavy untuk pertama kalinya berhasil melakukan pendaratan dengan baik dan mengalami percikan lembut di Teluk Meksiko sekitar delapan menit setelah peluncuran.

Sementara itu, kapsul Starship berhasil mencapai orbit. Sekitar 50 menit setelah peluncuran, wahana antariksa ini memulai perjalanan masuk kembali ke atmosfer Bumi.

“Meskipun kehilangan banyak panel dan sayap yang rusak, Starship berhasil melakukan pendaratan yang mulus di lautan!,” kata CEO SpaceX Elon Musk dalam cuitannya.

Ini merupakan penerbangan uji coba keempat Starship dalam kurun waktu satu tahun terakhir. Setiap uji coba memiliki tujuan yang berbeda berdasarkan pengalaman dan pencapaian pada penerbangan sebelumnya.

“Penerbangan keempat Starship akan bertujuan untuk membawa kita lebih dekat ke masa depan yang dapat digunakan kembali dengan cepat di cakrawala,” menurut SpaceX.

“Kami terus mengembangkan Starship dengan cepat, menempatkan perangkat keras penerbangan di lingkungan penerbangan untuk belajar secepat mungkin saat kami membangun sistem transportasi yang dapat digunakan kembali sepenuhnya yang dirancang untuk membawa kru dan kargo ke orbit Bumi, Bulan, Mars, dan seterusnya.”

Namun begitu, misi besar Starship, sebagaimana yang sering disampaikan Elon Musk adalah roket ini bakal mendaratkan manusia di Planet Mars untuk pertama kalinya.

Dengan tinggi hampir 122 meter, Starship adalah roket terbesar dan terkuat yang pernah dibuat, dan dapat dilihat bermil-mil saat ditumpuk dan berdiri di landasan peluncuran Starbase.

Starship merupakan sistem transportasi luar angkasa generasi berikutnya dari SpaceX yang dikembangkan perusahaan untuk membawa manusia dan kargo ke Bulan hingga Mars.