TNI AL Menggelar Latihan Bersama 56 Negara di Bali

Berita457 views

Inionline.id – TNI Angkatan Laut (AL) akan menggelar latihan berskala internasional 5th Multilateral Naval Exercise Komodo (MNEK) 2025 di Bali pada Februari 2025.

MNEK adalah latihan nonperang atau Operasi Militer Selain Perang (OMSP) dengan mengedepankan kerja sama maritim, penanggulangan bencana, serta operasi kemanusiaan.

Paban 3 Lat Sopsal Kolonel Laut (P) Lukman Kharis mengatakan ada 56 negara yang diundang dalam latihan tersebut.

Dua negara yang saat ini masih bersitegang, yaitu Korea Utara dan Korea Selatan turut diundang.

“Kami berharap juga latihan ini bisa menggabungkan negara-negara yang punya interest, atau hal-hal yang sekiranya kami bisa menyampaikan bahwa latihan ini bisa dilaksanakan dan punya nilai tinggi untuk angkatan laut di kawasan,” kata Lukman saat Initial Planning Conference (IPC) MNEK di Jakarta, Rabu (29/5).

Negara lain yang diundang adalah Amerika Serikat, Australia, Arab Saudi, Bahrain, Bangladesh, Belanda, Brazil, Brunei Darussalam, Chili, China, Columbia, Fiji, Filipina, India, Inggris, Irak, Iran, Italia, Jepang, Jerman, Kamboja, Kanada, dan Kenya.

Lalu Kazakstan, Laos, Lebanon, Mesir, Malaysia, Mexico, Myanmar, Selandia Baru, Nigeria, Kaledonia Baru, Oman, Pakistan, PNG, Prancis, Peru, Polandia, Portugal, Rusia, Singapura, Afrika Selatan, Spanyol, Srilanka, Swedia, Thailand, Timor Leste, Tonga, UEA, Vanuatu, Vietnam dan Kuwait.

Lukman mengatakan keikutsertaan negara-negara asing dalam MNEK bersifat resiprokal atau timbal balik.

“Kita akan mengirimkan juga aset kita untuk mengikuti kegiatan latihan multilateral di negara-negara lain dan itu akan dilakukan hal yang sama,” katanya.

Selama penyelenggaraan MNEK, akan ditampilkan beberapa serial latihan seperti Latihan Tahap Pangkalan (Harbour Phase) yang terdiri dari Lesson from Expert (LFE), Subject Matter Expert Exchange (SMEE) dan Tactical Floor Game (TFG).

Kemudian Latihan Tahap Laut (Sea Phase) yang terdiri dari Seamanship, Photo Exercise, Trackex, Intelligence Surveillance and Reconnaissance (ISR), Marsec / Maritime Interdiction Operation (MIO), SAR & Medevac serta Miscex.