Resmi Masuk PSN Jokowi, Tol Tanpa Sentuh

Ekonomi1157 views

Inionline.id – Presiden Joko Widodo (Jokowi) resmi memasukkan proyek pembayaran tol tanpa sentuh atau Multi Lane Free Flow (MLFF) ke Program Strategis Nasional (PSN).

Sekretaris Kementerian Koordinator Bidang Perekonomian Susiwijono Moegiarso mengatakan proyek tol nirsentuh ini diperkirakan bakal menelan biaya hingga Rp4,49 triliun yang dilakukan dengan skema KPBU (Kerjasama Pemerintah Dengan Badan Usaha).

Adapun penanggung jawab proyek ini adalah Badan Pengatur Jalan Tol (BPJT) Kementerian PUPR.

“Ini akan bertahap diterapkan di seluruh jalan tol, MLFF, akan mulai konstruksi 2024. Jadi total biaya KPBU walaupun ini di Kementerian PUPR BPJT, pembiayaannya KPBU,” ujarnya di Rakernas Percepatan dan Pra-Evaluasi PSN di Hotel Park Hyatt, Jakarta, Selasa (14/5).

Susi, sapaan akrabnya, mengungkapkan alasan proyek MLFF masuk dalam PSN. Menurutnya, karena program ini melibatkan berbagai Kementerian/Lembaga (K/L) sehingga diperlukan pengaturan pemerintah agar bisa terkoordinasi.

“Jadi program ini banyak proses koordinasi dengan lembaga lain. Karena dia multilane freeflow koordinasinya sama lembaga keuangan, karena terkait pembayaran itu koordinasi sama OJK, BI dan perbankan, sehingga perlu ada lembaga yang multi kementerian,” jelasnya.

Alasan kedua adalah karena proyek ini membutuhkan dukungan pemerintah sebagai jaminan kepada badan usaha agar mau masuk dan berinvestasi. Dalam hal ini yang berperan adalah PT Penjamin Infrastruktur Indonesia (PII).

“Misalnya terkait dengan guarantee untuk proses KPBU, seperti oleh PT PII,” jelasnya.

Selain itu, pemerintah juga akan mendukung dalam melakukan koordinasi untuk pengujian dan skenario.

“Sekarang kan tahapnya belum diuji, skenarionya seperti apa, ini akan dikaji kembali lebih lanjut,” pungkas Susi.