Lowongan Kerja Khusus Diaspora Dibuka BUMN

Berita957 views

Inionline.id – Kementerian Badan Usaha Milik Negara (BUMN) membuka lowongan kerja khusus bagi diaspora Indonesia di seluruh dunia bekerja di perusahaan milik negara.

Program rekrutmen bernama Program Bakti Diaspora untuk Indonesia ini melengkapi rangkaian program rekrutmen perusahaan pelat merah yang sedang berjalan, yakni Rekrutmen Bersama BUMN (RBB) 2024.

Deputi Bidang Sumber Daya Manusia, Teknologi dan Informasi Kementerian BUMN Tedi Bharata mengatakan program tersebut merupakan program rekrutmen BUMN yang berkelanjutan. Ini juga sebagai upaya BUMN untuk dapat terus menjadi tempat bertumbuh dan berkembang bagi para pegawai.

“Program Bakti Diaspora untuk Indonesia ini diharapkan mampu menjadi wadah bagi BUMN untuk dapat menarik dan merekrut para diaspora sesuai dengan kebutuhan dan kualifikasi perusahaan melalui proses seleksi yang telah kami siapkan,” ujar Tedi melalui keterangan resmi, Kamis (16/5).

Program ini dapat diikuti oleh seluruh warga negara Indonesia (WNI), baik yang saat ini menjadi profesional maupun yang pernah menempuh pendidikan formal seperti sarjana, master, atau doktoral di luar negeri.

Tedi menyebut saat ini sebanyak 12 BUMN membuka lebih dari 135 lowongan, termasuk PT Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk, PT Bank Mandiri (Persero) Tbk, PT Aviasi Pariwisata Indonesia (Persero)/InJourney, PT Bahana Pembinaan Usaha Indonesia (Persero)/IFG Tbk, dan PT Mineral Industri Indonesia (Persero)/MIND ID.

Adapun Job function yang dibutuhkan antara lain investor relations, IT Security, nano technology, sustainability specialist, data scientist, dan international trading.

Pengumuman dan proses rekrutmen program ini dilakukan secara online dengan mengakses website magentaku.id/diaspora. Magenta (magentaku.id) merupakan platform rekrutmen kerja dan magang di bawah koordinasi Forum Human Capital Indonesia (FHCI).

Tercatat saat ini sebanyak 500 ribu peserta telah mendaftar di platform Magenta dan lebih dari 11 ribu peserta sedang dan telah menyelesaikan magang di BUMN.

Tedi menuturkan untuk membuka kesempatan yang seluas-luasnya bagi para Diaspora, baik yang masih berada di luar negeri maupun yang sudah kembali ke Indonesia, Kementerian BUMN berkolaborasi dengan Kementerian Luar Negeri (Kemlu) khususnya Konsulat Jenderal Republik Indonesia (KJRI) New York dan Vancouver serta Persatuan Pelajar Indonesia (PPI Dunia.

Rangkaian Program ini diawali dengan pelaksanaan Pre-Event: Virtual Enhancement Week berupa talk show terkait BUMN dan peluang berkarir di BUMN bagi para Diaspora.

Kegiatan ini dilakukan untuk dapat memberikan pemahaman lebih dalam mengenai lingkungan kerja di Grup BUMN. Dalam rangkaian Program ini, dibuka juga kesempatan bagi para lulusan program doktoral dari luar negeri untuk dapat meningkatkan kapasitas riset di Grup BUMN melalui Program Research for Post-Doctoral Students.