Lokasi Banjir Bandang Sumbar yang Tewaskan 50 Orang akan Ditinjau Langsung Jokowi

Berita657 views

Inionline.id – Presiden Joko Widodo (Jokowi) akan meninjau lokasi banjir bandang Sumatera Barat di Kabupaten Tanah Datar yang menewaskan puluhan orang.

Jokowi mengatakan saat ini masih mengecek jadwal. Namun, ia memastikan akan terjun langsung dalam waktu dekat.

“Kalau waktunya sudah ketemu, saya akan segera tinjau ke sana, ke Sumatera Barat, baik memberikan bantuan dan memberikan solusi ke (warga) yang terdampak,” kata Jokowi di RSUD Kabupaten Konawe, Selasa (14/5).

Dia mengatakan terus memantau keadaan penanganan bencana di Sumbar. Dia juga telah menugaskan Kepala Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) Letjen TNI Suharyanto untuk mengecek kondisi di lapangan.

Jokowi menyebut para pengungsi sedang ditangani petugas. Jalan-jalan yang rusak sedang diperbaiki.

“Sudah kami telepon juga perkembangannya seperti apa, kondisinya seperti apa, kami ikuti,” ujar Jokowi.

Banjir bandang menghantam sejumlah daerah di Sumatera Barat pada Sabtu malam (11/5). BNPB mencatat korban jiwa di dalam kejadian itu telah mencapai 50 orang.

Sebanyak 27 orang masih dalam pencarian. Selain itu, 37 orang luka-luka dan 3.396 orang mengungsi akibat banjir bandang Sumbar.

Sebanyak empat kabupaten/kota terdampak cukup parah banjir bandang tersebut, yaitu Kabupaten Agam, Tanah Datar, Tanah Panjang, Padang Pariaman.

BNPB mengimbau masyarakat yang bermukim di sekitar bantaran sungai yang berhulu ke Gunung Marapi agar selalu waspada potensi risiko bahaya susulan.