Jelang Idul Adha Presiden Jokowi Pastikan Stok Beras Aman

Ekonomi857 views

Inionline.id – Menjelang Idul Adha 1445 H Presiden Joko Widodo (Jokowi) memastikan cadangan beras pemerintah di Perum Bulog masih aman.

Sebab, stok beras di Bulog saat ini menurutnya sudah berada di 1,8 juta ton sementara biasanya rata-rata di 1,2 juta ton.

“Sudah gede banget, jadi stok enggak ada masalah,” kata Jokowi usai meninjau Pasar Sentral Lacaria, Kabupaten Kolaka Utara, Sulawesi Tenggara, Selasa (14/5).

Jokowi juga mengklaim sejauh ini stabilitas harga bahan makanan pokok menjelang Idul Adha 2024 juga cukup baik.

Ia mencontohkan, harga bawang merah di Pasar Sentral Lacaria berada di Rp35 ribu per kg. Sementara, untuk harga bawang putih Rp50 ribu per kg. Menurutnya, harga tersebut lebih murah ketimbang di Pulau Jawa.

Jokowi juga sempat heran lantaran harga beras di pasar tersebut cenderung murah dengan kualitas yang baik. Misalnya, beras medium dijual Rp11 ribu per kg dan beras premium dijual Rp13 ribu per kg.

“Saya sudah ke dua pasar, harga harga baik, terutama beras. Yang saya agak kaget itu beras, beras di sini baik, karena memang produksi lokalnya di sini melimpah. Jadi enggak masalah,” ujar Jokowi.