Gelar Doa Bersama untuk Raisi, Warga Iran Kalut Berhamburan ke Jalan

Internasional1057 views

Inionline.id – Usai helikopter yang mengangkut Presiden Ebrahim Raisi jatuh di Provinsi Azerbaijan Timur, utara Iran, pada Minggu (19/5), ratusan warga Iran menggelar doa bersama.

Menurut tayangan di televisi pemerintah Iran warga memadati Kota Suci Mashad untuk bersama-sama mendoakan Raisi. Mereka meminta Tuhan memberi Kesehatan ke Presiden Iran itu, demikian dikutip Reuters.

Video yang beredar di media sosial menunjukkan ratusan warga berkumpul di dalam gedung hingga ke jalanan untuk merapalkan doa keselamatan bagi Raisi bersama-sama.

Di luar gedung juga tampak penuh warga dari semua kalangan anak-anak hingga lanjut usia. Mereka tampak khusyuk mendoakan Raisi.

Para warga tampak tertegun, sebagian masyarakat lainnya terlihat mengangkat kedua telapak tangan sambil tertunduk berdoa dan beberapa orang lainnya terlihat memegang dada.

Seluruh stasiun televisi juga menghentikan siaran reguler dan menayangkan doa bersama di seluruh negeri untuk meminta keselamatan Raisi.

Tak hanya warga, Pemimpin Tertinggi Iran Ayatollah Khamenei juga berdoa untuk keselamatan Raisi. Khamenei, yang memegang kekuasaan tertinggi, juga berusaha meyakinkan rakyat Iran bahwa insiden ini tidak akan ada gangguan terhadap urusan negara.

Selain Raisi, helikopter jenis Belle 212 buatan Amerika Serikat itu juga turut membawa Menteri Luar Negeri Hossein Amir Abdollahian dan tujuh orang lainnya.

Helikopter yang ditumpangi Raisi saat dalam perjalanan pulang usai menghadiri acara peresmian bendungan di wilayah perbatasan tersebut.

Seorang pejabat Iran mengatakan kepada Reuters nyawa Raisi dan delapan orang lainnya “dalam bahaya menyusul helikopternya jatuh”.

“Tapi kami masih berharap, namun informasi yang didapat dari lokasi jatuhnya pesawat sangat memprihatinkan,” ucap pejabat tersebut.

Usai helikopter jatuh, pihak berwenang Iran bergegas melakukan pencarian.

Pasukan Bantuan Bulan Sabit Merah dan pasukan tambahan militer serta penegak hukum juga turut membantu untuk mencari helikopter Raisi.

Kantor berita Iran, IRNA, juga melaporkan pencarian terus berlanjut tetapi terhalang cuaca buruk.