Berikut ini Posisi Tidur yang Bikin Kamu Awet Muda

Kesehatan457 views

Inionline.id – Selain menjaga kesehatan dan merawat wajah, Anda bisa mencoba posisi tidur tertentu agar bisa terlihat awet muda.

Banyak orang berharap untuk mendapatkan kulit yang cerah tanpa garis halus dan kerutan, namun banyak orang tak sadar bahwa posisi tidur bisa memengaruhi proses penuaan pada wajah.

Dilansir dari Skin en Hance, posisi dan kualitas tidur merupakan salah satu penunjang awet muda selain penggunaan produk skincare atau serangkaian perawatan wajah.

Posisi tidur terbaik agar awet muda

Jika terlihat awet muda adalah salah satu tujuan Anda, melakukan tidur dengan posisi telentang adalah pilihan yang terbaik.

Dilansir dari Real Simple, posisi tidur terlentang tidak hanya terbukti sebagai cara terbaik menjaga kulit awet muda, tetapi juga menawarkan segudang manfaat untuk kesehatan tubuh secara keseluruhan.

Menjaga tubuh pada sudut 20 sampai 30 derajat saat tidur dapat membuat aliran cairan tubuh yang optimal sehingga mendukung proses sirkulasi yang baik di seluruh tubuh.

Tidur telentang memungkinkan seluruh tubuh untuk rileks, yang akan mendorong suasana kondusif untuk mengoptimalkan pertumbuhan sel baru dan mengganti sel-sel kulit mati di wajah.

Posisi tidur terlentang juga dapat memaksimalkan wajah agar terhindar dari gesekan bantal yang menyebabkan kerutan, dan mencegah kulit merasakan tekanan dari wajah yang tertekan ke bantal.

Anda bisa mencoba sangga kepala dengan bantal tambahan untuk memastikan tidak ada cairan yang menumpuk saat Anda tidur, sehingga mencegah mata bengkak muncul di pagi hari.

Berbagai posisi tidur dan pengaruhnya terhadap wajah
Ilustrasi. Agar awet muda, hindari tidur dengan posisi miring. (iStockphoto/marchmeena29)
Selain posisi tidur terbaik untuk awet muda, ada dua posisi tidur lainnya yang berpengaruh terhadap kesehatan kulit wajah.

Berikut adalah posisi tidur dan pengaruhnya terhadap wajah.

1. Tidur dengan posisi miring

Posisi tidur miring merupakan posisi tidur yang dapat menyebabkan kerutan di decolletage dan sisi wajah tempat Anda bertumpu.

Hal ini timbul dikarenakan gesekan yang terjadi antara kulit dengan bantal sehingga bisa membuat perubahan pada kulit wajah.

Meskipun nyaman, tidur menyamping yang dilakukan dalam waktu yang lama dapat mempercepat penuaan pada wajah sehingga disarankan mengurangi posisi tidur menyamping.

2. Tidur tengkurap

Tidur dengan posisi tengkurap adalah posisi tidur terburuk dari semua posisi tidur. Posisi tidur ini akan membuat kulit wajah tertekan ke bantal selama berjam-jam.

Hal ini menyebabkan pembengkakan berulang dan mempertegas garis kerutan di sekitar mata dan bibir. Jika dilakukan dengan rutin akan mempercepat munculnya garis-garis halus dan kerutan wajah secara keseluruhan.

Tekanan wajah ke bantal juga menyebabkan lebih banyak bengkak di sekitar mata karena kepala dan jantung terletak pada ketinggian yang sama, yang berarti lebih banyak darah akan mengalir ke wajah Anda.

Ditambah dengan sarung bantal membawa banyak bakteri dan kuman, yang jelas merupakan kabar buruk untuk kulit wajah berjerawat.

Itulah posisi tidur agar awet muda, serta beberapa posisi tidur yang harus dihindari agar tidak menimbulkan kerutan di wajah. Semoga bermanfaat.