Berikut ini 5 Cara Menyimpan Buah dan Sayur agar Tahan Lama, Bisa Berminggu-minggu

Inionline.id – Butuh cara menyimpan buah dan sayur agar tahan lama hingga berminggu-minggu? Jangan khawatir, ada cara mudah yang bisa Anda lakukan.

Buah dan sayuran adalah makanan kaya nutrisi yang dibutuhkan semua orang. Sayangnya, dua jenis makanan ini sering kali tak bisa bertahan lama jika disimpan di suhu ruang.

Paling lama, buah dan sayuran hanya bisa bertahan selama dua hari. Sisanya, buah dan sayur akan layu, kering, bahkan busuk.

Cara menyimpan buah dan sayur agar tahan lama

Membeli buah dan sayur setiap hari tentu bikin ribet. Apalagi bagi Anda yang punya kesibukan segudang.

Tapi setidaknya, Anda bisa melakukan beberapa cara di bawah ini.

1. Simpan buah dan sayuran utuh

Potong buah dan sayuran hanya saat akan digunakan. Mengutip berbagai sumber, produk segar, termasuk buah dan sayur, lebih cepat rusak jika dagingnya terkena udara.

Jika harus memotong terlebih dahulu sebelum digunakan, simpan buah dan sayur di wadah tertutup. Pastikan tidak ada udara yang masuk ke dalam.

2. Rendam herba dengan air

Sama seperti bunga potong, herba tidak akan bertahan lama jika tidak dimasukkan ke dalam air. Simpan herba seperti daun ketumbar dan kemangi dengan batangnya dan rendam di dalam air.

Anda bisa menggunakan toples atau botol yang sesuai dengan banyaknya herba yang dimiliki.

3. Potong dan bekukan

Mengutip Good Housekeeping, beberapa sayuran mungkin mudah busuk. Misalnya, daun bawang.

Anda bisa mengiris daun bawang terlebih dahulu, lalu bekukan di dalam botol air kosong atau kantung yang dapat ditutup kembali.

Setelah dibekukan, cukup kocok atau keluarkan setiap kali Anda memerlukannya sesuai dengan yang dibutuhkan. Jangan lupa masukkan kembali sisanya ke dalam freezer.

4. Tahu mana yang harus dipisah

Jangan menyimpan buah dan sayuran secara bersamaan. Banyak buah-buahan, seperti pisang, alpukat, dan persik, menghasilkan gas etilen yang bertindak seperti hormon pematangan dan dapat mempercepat proses pematangan produk lainnya.

Cari tahu mana buah dan sayuran yang bisa disimpan bersamaan dan mana yang tidak.

5. Selalu jaga kebersihan kulkas

Usahakan kulkas selalu dalam keadaan bersih. Kulkas bersih tidak akan membuat jamur dan bakteri berkembang biak.

Hal ini juga membantu buah dan sayuran yang disimpan di dalamnya lebih awet dan tetap segar tahan lama.