7 Anggota Baru LPSK akan Dilantik Jokowi di Istana Negara

Politik657 views

Inionline.id – Hari ini Presiden Joko Widodo (Jokowi) akan melantik tujuh orang anggota baru Lembaga Perlindungan Saksi dan Korban (LPSK) di Istana Negara, Jakarta.

Pelantikan akan digelar bersamaan dengan pengucapan sumpah Wakil Ketua Mahkamah Agung (MA) Bidang Nonyudisial Suharto.

“Hari ini, tanggal 15 Mei 2024, rencana akan ada agenda pengucapan sumpah Wakil Ketua Mahkamah Agung Bidang Nonyudisial dan pengucapan sumpah/janji Anggota Lembaga Perlindungan Saksi dan Korban (LPSK) di Hadapan Presiden Republik Indonesia, di Istana Negara,” kata Koordinator Staf Khusus Presiden Ari Dwipayana melalui pesan singkat, Rabu (15/5).

Tujuh orang yang akan dilantik adalah Anton PS Wibowo, Sri Suparyati, Susilaningtias, Wawan Fahrudin, Mahyudin, Achmadi, dan Sri Nurherwati.

Mereka akan menjabat pada periode 2024-2029. Para anggota baru LPSK itu terpilih melalui uji kelayakan dan kepatutan (fit and proper test) di Komisi III DPR.

Hasil ujian itu juga telah diresmikan sidang paripurna DPR RI, 4 April 2024.

“Selanjutnya sesuai dengan keputusan rapat konsultasi pengganti rapat bamus tanggal 25 Maret 2024, maka hasil persetujuan Komisi III ini akan dilakukan di rapat paripurna tanggal 4 April 2024. Dan selanjutnya diproses sesuai peraturan perundang-undangan yang berlaku,” kata pimpinan rapat Komisi III Habiburokhman di Kompleks Parlemen, Jakarta, Selasa (2/4).