16 Proyek Strategis Jokowi akan Diwariskan ke Prabowo

Headline, Nasional757 views

Inionline.id – Airlangga Hartarto Menteri Koordinator Bidang Perekonomian mengatakan sebanyak 16 proyek strategis nasional (PSN) di era pemerintahan Presiden Joko Widodo (Jokowi) akan diserahkan ke pemerintahan Prabowo Subianto.

Airlangga mengatakan 16 PSN itu tidak akan menggunakan Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN). Salah satu proyek itu Kawasan Ekonomi Khusus bidang kesehatan di Kawasan BSD City.

“Kemarin terakhir disetujui da 16 (PSN akan berlanjut. Karena kita punya KEK kesehatan satu di Sanur, dua di BSD, kemudian ketiga di Batam. Karena KEK kesehatan tidak berhenti, selalu dibutuhkan,” katanya dalam konferensi pers, Selasa (14/5).

Airlangga menyampaikan karena tidak menggunakan APBN, 16 PSN tersebut membutuhkan percepatan perizinan dan fasilitas terkait lahan.

“Kemudian terkait fasilitasi agar pembiayaannya lebih cepat,” katanya.

Dalam paparannya, Airlangga menjelaskan pemerintah menetapkan 16 PSN baru yang tidak membutuhkan APBN dalam pelaksanannya. Sebanyak 16 PSN itu terdiri dari 14 proyek dan 2 program.

Sebanyak 16 PSN tersebut diharapkan dapat mendukung program prioritas pemerintah seperti hilirisasi dan penguatan ketahanan energi seeta pangan. PSN tersebut juga ditargetkan memiliki nilai investasi yang tidak kecil, dan tidak hanya mengharapkan kemudahan dan fasilitas dari pemerintah.

Sebelumya, Airlangga menyebut Presiden Joko Widodo (Jokowi) menyetujui penambahan 14 PSN baru yang pembangunannya akan dilakukan oleh pihak swasta sehingga tidak menggunakan APBN.

Airlangga merinci sebanyak 14 PSN itu yakni Pengembangan Pantai Indah Kapuk Tropical Concept; Pengembangan Kawasan Industri Wiraraja Pulau Galang; Proyek North Hub Development Project Lepas Pantai Kalimantan Timur; dan Pengembangan Kawasan Industri Neo Energy Parimo Industrial Estate Sulawesi Tengah.

Kemudian Kawasan Industri Patimban Industrial Estate Subang; Pengembangan Kawasan Industri Giga Industrial Park, Sulawesi Tenggara; Pengembangan Kawasan Industri Kolaka Resource, Sulawesi Tenggara; dan Pengembangan Kawasan Industri Stargate Astra, Sulawesi Tenggara.

Lalu Pengembangan Kawasan Pesisir Surabaya Waterfront; Pengembangan Kawasan Neo Energy Morowali, Sulawesi Tengah; Pengembangan Kawasan Terpadu di Bumi Serpong Damai (BSD); Pengembangan Kawasan Industri Toapaya Bintan, Riau. Pengembangan Jalan Tol di Section Harbour Road II Jakarta Utara. Serta Pengembangan Jalan Tol Dalam Kota Bandung.

Sementara itu secara kumulatif Airlangga mengatakan sudah ada 198 PSN yang selesai hingga 2024. Realisasi investasi PSN tersebut mencapai Rp1.614 triliun.