Warga Diingatkan Ketua DPRD Kabupaten Bogor Rudy Susmanto untuk Siaga Cuaca Ekstream

Antar Daerah457 views

Inionline.id – Stasiun Klimatologi Jawa Barat memprediksi cuaca ekstrem bakal terjadi hingga 24 April 2024 mendatang.

Kabupaten Bogor menjadi salah satu wilayah yang diprediksi akan mengalami cuaca ekstrem dengan waktu yang tidak menentu.

Dalam hal ini, Ketua DPRD Kabupaten Bogor Rudy Susmanto meminta warga untuk siap siaga dan mengutamakan keselamatan saat cuaca ekstrem.

“Saya mengingatkan kepada masyarakat untuk bersiaga akan terjadinya bencana alam akibat cuaca buruk saat ini,” kata Rudy Susmanto.

“Saat ini, kondisi cuaca yang tidak menentu seperti hujan disertai angin kencang bisa menjadi penyebab bencana,” tambahnya.

Mitigasi bencana saat ini sangat diperlukan guna mengantisipasi adanya bencana alam yang tidak di inginkan dan membahayakan masyarakat Kabupaten Bogor.

Menurut Rudy Susmanto, seluruh lapisan masyarakat harus memperhatikan situasi sekitar. Segera melapor kepada pihak terkait bilamana terjadi hal-hal yang membahayakan dan perlu penanganan lebih lanjut.

“Kewaspadaan terhadap bencana harus menjadi perhatian bersama antara seluruh aparat di wilayah Kabupaten Bogor juga masyarakat,” ucapnya.

Sebelumnya, Kepala Stasiun Klimatologi Jawa Barat, Rakhmat Prasetia mengeluarkan surat pemberitahuan terkait prekdiksi cuaca ekstrem selama beberapa hari kedepan.

“Kewaspadaan potensi cuaca ekstrim fi wilayah Jawa Barat pada 18-24 April 2024 berdasarkan surat edaran ΜΕ.02.04/007/KBGR/IV/2024,” kata Rakhmat Prasetia pada Kamis, 18 April 2024.

Dalam sepekan ke depan, diprakirakan terdapat beberapa faktor yang berpengaruh terhadap pembentukan awan dan atau terjadinya hujan di sebagian wilayah Jawa Barat, diantaranya yakni suhu muka laut di sekitar perairan Indonesia relatif hangat.