Pemerintah Minta Tim Cook Buka Apple Store di RI Selain Pabrik

Iptek857 views

Inionline.id – Menteri Komunikasi dan Informatika (Menkominfo) Budi Arie Setiadi mengungkap selain pembangunan pabrik, pemerintah juga meminta CEO Apple Tim Cook untuk membuka toko resminya di Indonesia.

Budi mengatakan permintaan itu disampaikan saat Cook bertemu Presiden Joko Widodo (Jokowi) di Istana Kepresidenan, Jakarta, Rabu (17/4). Menurutnya salah satu permintaan pemerintah kepada Cook adalah membangun Apple Store.

“Itu juga salah satu permintaan, saya sudah sampaikan juga, mereka punya pertimbangan enggak apa-apa,” kata Budi dalam rekaman video yang tayang di kanal YouTube Kemkominfo TV, Rabu (17/4).

Apple Store merupakan jaringan toko ritel resmi milik Apple untuk menjual produk-produk mereka. Meski pengguna produk Apple, seperti iPhone dan iMac, di Indonesia cukup banyak tapi toko resminya belum ada di dalam negeri.

Ada juga masyarakat yang membeli langsung ke Apple Store di negara tetangga seperti Singapura. Pasalnya, keberadaan Apple Store di suatu negara biasanya bakal menjadi target utama penjualan produk sebelum dipasarkan secara luas.

Menurut Budi saat ini baru ada lima distributor resmi penjualan produk-produk resmi Apple di Indonesia, yakni iBox, Digimap, Erafone, Blibli, dan Story-i.

Budi meyakini permintaan membuka Apple Store bakal dipertimbangkan oleh Cook. Sebab, kata dia, Indonesia merupakan salah satu pasar penting dan besar bagi produk-produk Apple.

“Gini loh, Indonesia ini setahun 49 juta handphone. Di mana itu yang produksi Indonesia ya. Kita impor 2,8 juta Hp di tahun 2023, di mana 85 persen-nya Apple,” ujar Budi.

“Berarti kan hampir 2 juta lebih ya, kita impor langsung Apple. Kalau dengan angka segitu, kita sudah sampaikan, indonesia kontribusinya segini loh, masa iya enggak mau bangun pabrik di Indonesia,” lanjutnya.

Cook sebelumnya juga mengatakan bahwa Indonesia merupakan salah satu negara yang menjadi target pasar paling penting bagi raksasa teknologi dari AS itu.

“Indonesia adalah pasar yang sangat penting bagi kami. Dan saya melakukan obrolan yang baik dengan Presiden [Jokowi] tentang komitmen kami terhadap negara ini,” kata Cook.

Dalam pertemuan dengan Jokowi kemarin, Cook mengaku mendapat permintaan agar Apple bisa membangun pabriknya di Indonesia. Cook berjanji bakal mempertimbangkan permintaan tersebut.

“Kami berbicara tentang keinginan Presiden untuk membangun manufaktur di negara ini [Indonesia],” kata Cook usai bertemu Jokowi di Istana.

“Dan itu adalah sesuatu yang akan kami pelajari,” sambungnya.