Indonesia Pede Tantang Uzbekistan Setelah Lolos dari Grup Sulit & Bungkam Korea

Olahraga757 views

Inionline.id – Melawan Uzbekistan, Indonesia tak punya alasan untuk gentar. Lolos dari grup sulit dan mendepak Korea Selatan sudah menyuntikkan kepercayaan diri yang besar.

Indonesia menantang Uzbekistan pada semifinal Piala Asia U-23 2024 di Abdullah bin Khalifa Stadium, Senin (29/4/2024) malam WIB. Laga ini menjadi ujian besar buat skuad Garuda, yang merupakan debutan turnamen.

Uzbekistan masih sempurna di Piala Asia U-23 2024 sejauh ini, memenangi seluruh empat laganya dengan torehan 12 gol dan belum kebobolan. Catatan itu pula yang membuat mereka lebih diunggulkan di atas kertas, selain faktor pengalaman.

The White Wolves sudah selalu berhasil mencapai semifinal dalam tiga edisi terakhir. Dalam periode itu mereka sekali jadi juara yakni pada 2018.

Namun Indonesia juga tak punya alasan untuk gentar. Status sebagai kuda hitam justru memberikan keuntungan tersendiri karena meredam tekanan di pundak para pemain.

Pelatih timnas Indonesia U-23 Shin Tae-yong mengungkap para pemain saat ini dalam atmosfer yang bagus dan percaya diri. Keberhasilan lolos dari grup sulit berisi tuan rumah Qatar, Australia, dan Yordania –Indonesia adalah tim dengan peringkat terendah di Grup A– sudah jadi landasan yang bagus.

Kemenangan atas Korea Selatan di perempatfinal makin menyuntikkan kepercayaan diri untuk Marselino Ferdinan dkk.

“Tiga laga di fase grup, kami memetik dua kemenangan dan sekali kalah. Saya rasa Grup A adalah salah satu yang paling kuat di kompetisi ini dan kami berhasil lolos, kami menunjukkan performa bagus dan level kepercayaan diri kami meningkat pesat,” kata Shin Tae-yong dalam jumpa pers, Minggu (28/4) kemarin.

“Lalu kami bertemu Korea di perempatfinal, jelas laga yang sangat berat dan sangat sulit. Dalam hal permainan, kami punya performa yang lebih baik. Namun kami harus melalui babak tambahan dan adu penalti, jadi itu mungkin bikin tim kami lebih kesulitan.”

“Tapi kami tetap menang di laga itu, jadi kepercayaan diri kami meningkat lagi,” cetus pelatih asal Korea Selatan ini.