Direktorat Informasi dan Komunikasi Pembangunan Manusia dan Kebudayaan, Ditjen Informasi dan Komunikasi Publik, Kementerian Kominfo bangun Tenda Mudik Ceria dan Penuh Makna di Terminal Pelabuhan Merak

Berita3257 views

Banten, Inionline.id – Hari Raya Idul Fitri sebentar lagi, arus mudik telah menjadi bagian tak terpisahkan dari kehidupan masyarakat Indonesia. Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo) meluncurkan inisiatif Tenda Mudik Terminal Pelabuhan Merak

Tenda Mudik ini bertujuan untuk memberikan informasi dan dukungan kepada para pemudik yang akan melakukan perjalanan menuju kampung halaman, dengan tema “Mudik Ceria Penuh Makna”. Langkah ini sejalan dengan semangat pemerintah untuk menciptakan pengalaman mudik yang lebih aman, nyaman, dan bermakna bagi seluruh masyarakat.

Direktur Informasi dan Komunikasi Pembangunan Manusia dan Kebudayaan Kementerian Kominfo, Bambang Dwi Anggono, S.Sos,.M.Eng dalam hal ini diwakili oleh Wiaji,C.SE.,MM, Pranata Humas Ahli Muda, yang akrab di panggil ,Aji, menyampaikan,
“Tema tenda mudik Ceria dan Penuh Makna sesuai dengan slogan pemerintah untuk mudik tahun 2024. Kami informasikan juga bahwa kami menyediakan informasi seputar mudik lebaran melalui buku elektronik mudikpedia ditautan https://s.id/mudikpedia.”

Dengan estimasi arus mudik tahun 2024 mencapai 193 juta orang menurut data dari Kementerian Perhubungan, Tenda Mudik di Terminal Pelabuhan Merak menawarkan berbagai fasilitas dan kegiatan yang dirancang untuk meningkatkan kenyamanan dan keceriaan pemudik. Fasilitas tersebut meliputi kursi pijat gratis, pembagian healthy kit, kaos, hiburan musik, serta takjil gratis.

PT ASDP Indonesia Ferry sebagai BUMN pengelola penyeberangan pelabuhan merak pun telah menyiapkan sejumlah mitigasi.

Mengacu posko merak 24 jam, total penumpang dari Jawa ke Sumatera dari H-7 hingga H-5 lebaran tercatat sebanyak n212.589 orang atau turun 5% dibanding realisasi periode tahun 2023 sebanyak 222.624, total kendaraan tercatat 46.250 unit atau turun 0.2% dibanding realisasi periode tahun lalu 46.349 unit kendaraan roda dua maupun roda empat.

Kementerian Kominfo mengundang semua pemudik dan masyarakat umum untuk mengunjungi Tenda Mudik di Terminal Pelabuhan Merak dan merasakan pengalaman mudik yang ceria dan bermakna. Dengan kerjasama antara pemerintah, swasta, dan masyarakat, diharapkan arus mudik tahun ini dapat berjalan dengan lancar dan aman bagi semua.