Tak Hanya THR, Menaker Imbau Perusahaan Beri Mudik Gratis ke Pegawai

Ekonomi1057 views

Inionline.id – Jelang Lebaran 2024 Menteri Ketenagakerjaan (Menaker) Ida Fauziyah mengimbau setiap perusahaan untuk memberikan fasilitas mudik gratis kepada pegawainya.

Hal tersebut ia sampaikan dalam rapat kerja dengan Komisi IX DPR RI, Selasa (26/3).

“Selain mengoptimalkan pembayaran THR (tunjangan hari raya) kepada pekerja, Kemnaker juga mendorong perusahaan-perusahaan untuk menyelenggarakan mudik gratis tahun 2024 bagi para pekerja,” ucap Ida.

Hanya saja, skema pemberian mudik gratis dalam hal ini belum dijelaskan lebih lanjut oleh dirinya. Kendati, sifat dari dorongan pemberian mudik gratis oleh perusahaan hanya sekadar imbauan.

Dalam kesempatan yang sama, Ida menjelaskan kebutuhan setiap keluarga naik setiap hari raya Idulfitri, seperti kebutuhan bahan pokok dan barang. Oleh karena itu, pihaknya mengimbau perusahaan memberikan THR.

“Pemerintah telah mengatur pemberian tunjangan hari raya keagamaan bagi pekerja atau buruh di perusahaan,” kata dia.

“Ini dimaksudkan untuk membantu meringankan beban biaya dalam memenuhi kebutuhan,” sambung Ida.

Ida juga memaparkan tiga dasar hukum pemberian THR. Pertama, pemberian THR tertuang dalam Peraturan Pemerintah (PP) Nomor 36 Tahun 2021 tentang Pengupahan.

Kedua, berdasarkan Permenaker Nomor 6 Tahun 2016 tentang Tunjangan Hari-hari Keagamaan bagi Pekerja atau Buruh di Perusahaan. Ketiga, berdasarkan Surat Edaran tentang Pelaksanaan Pemberian Tunjangan Hari Raya Keagamaan Tahun 2024.

Ida sebelumnya menegaskan pembayaran THR tidak boleh dicicil.

“THR keagamaan wajib dibayarkan paling lambat 7 hari sebelum hari raya keagamaan. THR harus dibayar penuh, tidak boleh dicicil,” kata dia dalam konferensi pers di kantornya yang disiarkan secara virtual, Selasa (28/3).