Sebanyak 8 Negara yang Terjunkan Bantuan Lewat Udara ke Gaza

Internasional657 views

Inionline.id – Imbas agresi brutal oleh Israel beberapa negara belakangan ini turut serta mengirim bantuan ke Jalur Gaza lewat udara.

Terdapat 8 negara yang sejauh ini mengirim bantuan ke Jalur Gaza melalui jalur udara.

Mulai dari Yordania hingga Amerika Serikat memilih untuk mengirim bantuan makanan dan obat-obatan melalui jalur udara lantaran blokade jalur darat oleh Israel.

1. Yordania

Raja Yordania Abdullah II turut mengawasi pengiriman bantuan kemanusiaan melalui jalur udara pada Senin (26/2).

Pengiriman bantuan tersebut dilakukan menggunakan empat pesawat C130, salah satunya milik Angkatan Bersenjata Prancis. Yordania mengirim bantuan ke 11 lokasi di sepanjang pantai Gaza dari tepi utara hingga selatan untuk dikumpulkan oleh warga sipil.

Hingga kini Yordania sudah mengirim sebanyak 16 bantuan udara sejak agresi Israel pecah pada 7 Oktober lalu.

2. Prancis

Bekerja sama dengan Yordania, pemerintah Prancis turut serta mengirim bantuan pada saat yang sama seperti Yordania.

Sebuah pesawat angkut C-130 milik Angkatan Udara Perancis bekerja sama dengan tiga pesawat Angkatan Udara Kerajaan Yordania untuk menjatuhkan pasokan kemanusiaan ke Gaza pada (26/3).

Pesawat milik Prancis membawa 2,2 ton paket makanan dan higienitas lengkap dengan obat-obatan. Hal ini juga selaras dengan keputusan yang diambil oleh Presiden Prancis Emmanuel Macron saat ia menerima kunjungan Raja Abdullah II ke paris pada (16/2).

3. Amerika Serikat

Negeri paman Sam turut serta mengirim bantuan melaui jalur udara pada Jumat (1/3). AS menjadi negara ke-3 setelah Yordania dan Pranci yang mengirim bantuan ke Jalur Gaza lewat udara.

AS mengirim bantuan tersebut menggunakan pesawat kargo militer C-130 yang terdiri dari 38.000 paket makanan.

Lebih dari itu, AS juga baru ini kembali mengirim bantuan pada Minggu (10/3). Menurut data dari Pentagon, AS mengirimkan bantuan sekitar 135.000 makanan pada bulan ini.

Presiden AS Joe Biden juga tengah menginisiasi untuk membuat sistem pelabuhan sementara di dekat Jalur Gaza guna mengirim bantuan melalui laut.

4. Uni Emirat Arab

Uni Emirat Arab mengirim bantuan ke Jalur Gaza bersamaan dengan Prancis dan Yordania pada Senin (26/2).

Pemerintah UEA mengirim sebanyak 160 paket bantuan ke Jalur Gaza menggunakan pesawat kargo militer C-130. Mereka tak hanya mengirim bantuan lewat udara tetapi juga menerbangkan beberapa pasien dari Al-Arish di Mesir ke UEA untuk mendapatkan perawatan.

5. Mesir

Pemerintah Mesir ikut mengirim bantuan kemanusiaan ke Jalur Gaza lewat jalur udara pada Senin (26/2).

Sebelumnya, Mesir sudah mengupayakan pengiriman bantuan melalui jalur darat. Namun, sebanyak 2.000 truk tersendat lantaran blokade yang dilakukan oleh Israel sehingga hanya beberapa yang mencapai kota Rafah.

Baru ini, Mesir bersama dengan UEA turut mengirim lagi bantuan ke Jalur Gaza melalui udara pada Senin (11/3).

6. Maroko

Maroko sebagai bagian dari komunitas internasional baru ini juga mengirimkan bantuan kemanusiaan ke Jalur Gaza.

Sejumlah enam pesawat pengangkut bantuan dikirimkan dari Rabat menuju Jalur Gaza pada Senin (11/3) sebanyak 25 ton. Paket bantuan tersebut terdiri dari makanan, air, obat-obatan, dan beberapa perlengkapan darurat lainnya, seperti dilansir dari Arab News.

Ini merupakan kali keduanya Moroko mengirim bantuan ke Jalur Gaza yang sebelumnya sudah mereka kirim pada November 2023.

7. Belgia

Pemerintah Belgia melalui angkatan udaranya mengirim bantuan kemanusiaannya pertama ke Jalur Gaza pada Senin (4/3).

“Operasi Belgia pertama yang menjatuhkan bantuan kemanusiaan ke Gaza baru saja dilakukan. Terima kasih kepada pos diplomatik kami, B-FAST dan staf Kementerian Pertahanan Belgia,” ujar Menteri Luar Negeri Belgia Hadja Lahbib pada Jumat (8/3) dikutip dari The Brussels times.

Belgia melakukan operasi tersebut melalui kerja sama erat dengan negara mitra Eropa dan angkatan udara Yordania untuk menurunkan bantuan ke Jalur Gaza.

Hingga kini, sudah lebih dari 45 ton paket bantuan kemanusiaan yang dikirim oleh sejumlah negara dan tiba di Jalur Gaza.

Agresi brutal Israel yang kian parah menghasilkan korban tewas hingga 31 ribu lebih dan 70 ribu orang lainnya terluka. Terlebih, sebagain besar korban tewas adalah anak-anak dan perempuan.

8. Jerman

Pemerintah Jerman turut mengirim bantuan kemanusiaan usai melihat penderitaan yang terjadi di Jalur Gaza.

Ini merupakan langkah inisiatif dari kementerian luar negeri Jerman untuk mengirim bantuan makanan dan obat-obatan untuk warga Palestina.

Jerman mulai mengirim bantuan kemanusiaan bersamaan dengan Belgia pada (11/3). Bantuan tersebut tak lain terdiri dari paket makanan dan obat-obatan.