Berikut ini 5 Tips agar Badan Tetap Bugar selama Puasa di Bulan Ramadhan

Kesehatan1057 views

Inionline.id – Kurang dari satu pekan, Ramadhan akan segera datang. Banyak orang, mungkin termasuk Anda menjadikan Ramadhan selain sebagai ladang pahala, juga tekad untuk menurunkan berat badan.

Simak tips agar badan tetap bugar anti melar selama bulan Ramadhan.

Alih-alih mendapatkan tubuh langsing, sayangnya sering kali berat badan justru mengalami kenaikan setelah satu bulan berpuasa.

Maklum saja, selama puasa, makanan berbuka sering tidak terkontrol, mulai dari gorengan, bersantan, hingga minuman dan makanan manis tinggi gula.

Dokter spesialis gizi dari Himpunan Studi Obesitas Indonesia, Gaga Irawan Nugraha mengatakan memiliki berat badan ideal setelah puasa Ramadhan sebenarnya bukan hal yang sulit. Asalkan selama puasa bisa menjalani gaya hidup sehat dan makan makanan bergizi kaya nutrisi.

“Tidak sulit, asalkan niatnya ada. Puasa itu bukan berarti saat berbuka bebas makan apa saja, yang penting kendalikan pola pikir soal makannya ini,” kata Gaga dalam acara menyambut Hari Obesitas Sedunia 2024 yang digelar Novo Nordisk di Jakarta, Jumat (1/3).

Gaga membagikan tips puasa tetap sehat sekaligus berat badan bisa turun selama puasa. Berikut beberapa tipsnya:

1. Makan buah berair

Air adalah kebutuhan paling esensial saat berbuka puasa. Alih-alih minum minuman manis tinggi gula, lebih baik pilih buah-buahan yang mengandung air.

Misalnya, semangka, melon, hingga buah pir. Tentunya sebelum makan buah-buahan ini Anda juga disarankan minum air putih terlebih dahulu.

2. Makan berat yang lengkap

Nasi dan lauk pauk yang lengkap sangat diperlukan selama berpuasa. Pilih nasi dengan sayur dan protein lengkap setiap makan berbuka dan sahur.

“Dalam piring itu harus ada nasi, ada protein, ada sayur juga. Protein tidak selalu harus daging, tempe, tahu, telur juga bisa,” katanya.

3. Makan buah saat sahur

Selain saat berbuka, ketika sahur Anda juga disarankan mengonsumsi buah-buahan. Anda bisa makan buah sekitar 2-3 ons buah setiap kali sahur.

“Kalau buah apel, boleh makan apel yang ukuran sedang satu buah, jeruk juga boleh. Pokoknya setiap sahur tetap makan buah,” kata dia.

4. Jangan kurang minum

Setelah seharian berpuasa, tubuh tentu akan kehilangan banyak cairan. Oleh karena itu, minum air putih saat berbuka puasa, hingga di waktu sahur sangat penting untuk dilakukan.

“Jangan kurang minum air putih. Daripada pilih minuman manis, sebaiknya pilih air putih setiap kali berbuka, di jeda malam, dan saat sahur,” kata dia.

5. Tetap olahraga dan bergerak

Jangan jadikan alasan berpuasa untuk tidak berolahraga. Saat berpuasa, olahraga justru harus tetap dilakukan.

Lakukan beberapa olahraga ringan, seperti jalan kaki di sore hari atau pagi setelah santap sahur.

“Mesti tetap bergerak, misalnya jalan kaki. Jangan hanya diam atau tidur saja saat puasa, tetap produktif agar badan tidak melar,” katanya.