Usai Lebaran Kemendag Klaim Harga Bahan Pokok Turun Signifikan

Ekonomi057 views

Inionline.id – Kementerian Perdagangan (Kemendag) mengklaim harga bahan pokok usai Lebaran mengalami penurunan yang cukup signifikan. Daging ayam dan daging sapi yang sempat melonjak saat Lebaran juga mulai turun harga.

Direktur Jenderal Perdagangan Dalam Negeri Kemendag Isy Karim menyatakan klaim tersebut berdasarkan data Sistem Pemantauan Pasar dan Kebutuhan Pokok (SP2KP) Kemendag.

“Daging ayam pada saat Lebaran mencapai harga Rp39 ribu -Rp40 ribu per kg, saat ini menuju harga normal sesuai harga acuan di kisaran Rp37 ribu per kg. Daging sapi yang saat Lebaran mencapai hampir Rp150 ribu per kg, saat ini turun signifikan hingga 6,11 persen menjadi Rp139 ribu per kg,” kata Isy, Selasa (2/5).

Ia juga menyebut saat Ramadan hingga Lebaran harga bahan pokok cenderung stabil. Kenaikan hanya terjadi pada komoditas tertentu seperti daging-dagingan, yang kini turun. Tren harga dari data SP2KP ini sejalan dengan Panel Harga Pangan Badan Pangan Nasional (Bapanas).

“Tidak ada perbedaan yang signifikan,” ujarnya.

Menurutnya, Kemendag bersama pemangku kepentingan terkait berupaya terus menjaga stabilitas harga dan pasokan barang kebutuhan pokok di masyarakat. Caranya dengan meningkatkan produksi, manajemen stok, optimalisasi pasar murah hingga tata kelola angkutan barang pokok.

“Selain itu, rakor pengendalian inflasi yang rutin diselenggarakan setiap minggu turut memastikan agar koodinasi dan kerja sama antardaerah berlangsung dengan optimal,” pungkasnya.