Untuk Tingkatkan Kesejahteraan Guru, Guru Besar UPI Usul Hal Ini

Pendidikan557 views

Inionline.id – Guru Besar Universitas Pendidikan Indonesia (UPI) Cecep Darmawan menyebut kesejahteraan guru di Indonesia masih terbengkalai. Dia mengusulkan sejumlah solusi kepada pemerintah.

“Pertama melaksanakan amanat minimal 20 persen anggaran pendidikan di APBN dan APBD,” tutur Cecep dalam webinar Transformasi Tata Kelola Guru, Kurikulum Merdeka, Kesejahteraan, dan Perlindungan Guru dikutip Jumat, 12 Mei 2023.

Cecep menilai saat ini anggaran untuk guru belum maksimal. Bahkan, dia mengatakan belum mencapai amanat undang-undang.

“Kemudian memperluas kesempatan bagi guru terutama honorer menjadi ASN dengan memperhatikan penataan dan pemerataan dalam distribusi secara nasional guna mencegah krisis guru ASN di sekolah,” tutur dia.

Dia juga mengusulkan optimalisasi kebijakan berbagai tunjangan guru secara berkeadilan. Kemudian, pembenahan data guru untuk memetakan jumlah guru di berbagai daerah.

Cecep mengatakan perlu perancangan peningkatan kesejahteraan guru melalui optimalisasi anggaran dari BOPD dan CSR pendidikan bagi guru di daerah terpencil. Selain itu, perlu adanya optimalisasi tunjangan guru secara memadai bagi guru honorer.

“Terakhir ini semua paling penting mesti ada dan harus dibentuk peta jalan atau grand design kebijakan guru secara nasional untuk mengatasi problematika guru,” ujar dia.