Terus Diperluas Bantuan Dana Pendidikan dan Beasiswa untuk Pelajar hingga Pelaku Budaya

Pendidikan357 views

Inionline.id – Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Mendikbudristek) Nadiem Makarim menyebut bantuan dana pendidikan dan beasiswa untuk pelajar hingga pelaku budaya terus diperluas. Bantuan itu ditransformasi untuk optimalisasi bagi penerima manfaat.

“Dari segi pendanaan, pencairan langsung dana Bantuan Operasional Sekolah (BOS) dan Bantuan Operasional Pendidikan (BOP) ke sekolah dan pemanfaatannya yang lebih fleksibel telah memberikan keleluasaan bagi sekolah untuk meningkatkan kualitas pembelajaran,” kata Nadiem dalam Upacara Hari Pendidikan Nasional (Hardiknas) di Jakarta, Selasa, 2 Mei 2023.

Pihaknya juga memperluas program beasiswa untuk mahasiswa. Hal ini membuka kesempatan pelajar Indonesia melanjutkan pendidikan ke jenjang perguruan tinggi.

“Dukungan dana padanan untuk mendanai riset juga telah melahirkan begitu banyak inovasi yang bermula dari kolaborasi,” beber Nadiem.

Selain itu, Nadiem mengatakan saat ini ada mekanisme Dana Indonesiana. Skema pendanaan ini dapat mewadahi dan mendukung kegiatan pelaku budaya.

“Skema yang fleksibel ini dapat mewadahi gagasan-gagasan kreatif seniman dan pelaku budaya sehingga mampu menghasilkan karya-karya hebat yang mendukung pemajuan kebudayaan,” tutur dia.